13 Mar 2019
  |  
Dilihat : 96 kali

Seleksi Vendor Berkualitas dan Kompetitif, BPJS Kesehatan Tulungagung Kumpulkan Rekanan

Tulungagung, Jamkesnews - Untuk membangun hubungan kerjasama yang baik dengan perusahaan dan vendor pengadaan barang/jasa, BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung mengadakan pertemuan dengan perusahaan penyedia barang/jasa (vendor) yang telah menjadi rekanan dalam kegiatan “Vendor Gathering” di Kabupaten Tulungagung, Selasa (12/03).

Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Susilowati menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan vendor agar kedua belah pihak saling percaya dan bekerja secara profesional.

“Mengingat pengadaan barang/jasa yang semakin kompleks dan persaingan usaha yang semakin ketat, sehingga perlu vendor yang berkualitas dan kompetitif, tentunya dengan prinsip good governance kita tingkatkan kerjasama yang sudah terjalin,” tuturnya.

Tidak lupa pemahaman terhadap Program JKN-KIS juga kita berikan kepada rekanan yang hadir, tambahnya. Dia juga menjelaskan, bahwa untuk bisa menjadi rekanan aktif BPJS Kesehatan, para vendor harus mengikuti tahapan seleksi.

“Tahapan seleksi wajib dilakukan oleh calon vendor maupun vendor yang saat ini sudah menjadi rekanan namun secara administrasi belum aktif di BPJS Kesehatan. Pertama, vendor wajib melakukan registrasi online melalui website http://eproc.bpjs-kesehatan.go.id, yang kedua adalah tahap penyerahan dokumen. Setelah melakukan registrasi online, vendor harus menyerahkan berkas dokumen administrasi sebagai kelengkapan registrasi. Tahap selanjutnya adalah peninjauan lapangan, yang mana tim seleksi BPJS Kesehatan akan meninjau lokasi perusahaan untuk memastikan kesesuaian domisili yang disampaikan saat registrasi. Dan pada tahap terakhir yaitu pengumuman daftar rekanan terseleksi. Kepada perusahaan yang lulus maupun tidak lulus seleksi akan disampaikan melalui email yang terdaftar pada aplikasi e-Procurement kami,” jelas Susi kepada 12 vendor rekanan yang hadir.

Pada kesempatan ini BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung juga mempraktekkan proses registrasi online yang dipandu oleh staf umum. Para vendor juga diberikan check list kelengkapan dokumen registrasi untuk dipenuhi pada saat tahap penyerahan dokumen.

Tanggapan positif pun disampaikan oleh Netty, perwakilan Radio Liiur FM Tulungagung. Dia menyampaikan bahwa kegiatan Vendor Gathering ini perlu dilakukan apalagi kerjasama dengan BPJS Kesehatan saat ini menggunakan sistem digital.

“Dengan adanya sistem baru, memang perlu dilakukan pertemuan seperti ini. Setelah ini saya akan mencoba untuk login (registrasi online, -red) tentunya tidak lepas panduan dari BPJS Kesehatan. Saya harap dengan adanya sistem baru yang mengharuskan rekanan registrasi melalui aplikasi semua bisa menjadi lebih baik,” kata Netty.

Sejalan dengan Netty, salah satu rekanan lain yang hadir yakni perwakilan dari media massa Radar Tulungagung, Army menuturkan adanya kegiatan Vendor Gathering ini sangat membantu dan bagus untuk semua vendor, sehingga kerjasama nantinya bisa lebih terbuka.

“Sangat membantu dan bagus. Terkait aplikasi registrasi, memang awalnya terlihat ribet, vendor juga harus menyiapkan segala persyaratan yang begitu banyak, tetapi sepertinya kalau sudah berjalan akan memudahkan vendor,” tutup Army. (ar/ck)