12 Mar 2019
  |  
Dilihat : 1093 kali

EVALUASI PELAYANAN PRIMA FASILITAS KESEHATAN MELALUI WALK THROUGH AUDIT (WTA)

Bima, Jamkesnews - Walk Through Audit (WTA) merupakan model evaluasi pemenuhan kewajiban pemberian layanan bagi peserta oleh setiap Fasilitas Kesehatan sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Program Jaminan Kesehatan. WTA yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan saat ini diberi nama “Kessan” (Kesan Pesan Setelah Layanan). BPJS Kesehatan Cabang Bima menggelar evaluasi WTA pada Selasa, (12/03), kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang ada di Kota Bima dan Kabupaten Bima.

“Tujuan dilakukan WTA yaitu untuk melakukan evaluasi kepada fasilitas kesehatan sebagai mitra BPJS Kesehatan dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang juga mempengaruhi peningkatan indeks kepuasan peserta terhadap program JKN-KIS. Seiring berjalannya pelayanan maka tentunya perlu dilakukan sosialisasi dan evaluasi untuk mengetahui setiap kendala yang dialami oleh fasilitas kesehatan sebagai pemberi layanan agar fasilitas kesehatan dapat lebih meningkatkan lagi kualitas layanannya kepada masyarakat,” terang Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Bima, Hazmi.

Dalam formulir Kessan yang diisi langsung oleh peserta JKN-KIS, ada beberapa item yang belum terpenuhi oleh FKTP. Hal tersebut berdasarkan data hasil WTA yang tiap hari dilaksanakan oleh petugas BPJS Kesehatan dan direkap setiap bulan untuk selanjutnya diberikan feedback ke fasilitas kesehatan melalui surat per triwulan atau setiap bulannya kepada fasilitas kesehatan yang menjalankan KBK melalui evalusi KBK bulanan atau triwulanan.

“Selain untuk meningkatkan kepuasan peserta, juga untuk perbaikan layanan di fasilitas kesehatan baik itu SDM-nya maupun peningkatan sarana dan prasarana. Hal ini juga merupakan keuntungan bagi fasilitas kesehatan sebagai pemberi layanan dan kepada peserta sebagai penerima layanan,” lanjut Hazmi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bima Ahmad S.Sos menyambut baik evaluasi WTA yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan agar peserta JKN-KIS merasa puas dan juga fasilitas kesehatan sebagai pemberi layanan di tingkat pertama menjadi bagus.

“Dari hasil evaluasi WTA kami berharap ada peningkatan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh FKTP kepada peserta JKN-KIS, sehingga kedepannya FKTP bisa terus menerapkan pelayanan prima, dan ini akan berdampak besar terhadap kesinambungan program JKN-KIS,” ujar Ahmad.

Hazmi juga mengharapkan adanya sinergitas dan dukungan penuh dari segenap pemangku kepentingan terkait dan FKTP untuk sama-sama berjalan dalam mengawal program JKN-KIS untuk memberikan layanan yang optimal demi meningkatnya kualitas dan kesinambungan Program JKN-KIS. (ay/ad)