09 Feb 2019
  |  
Dilihat : 29 kali

Tahun 2019, Seluruh RS Kota Lhokseumawe Siap Layani Peserta JKN-KIS

Lhokseumawe, Jamkesnews – Sebagai upaya dalam mewujudkan komitmen pemenuhan hak peserta dalam hal ketersediaan fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe menjalin kerjasama dengan seluruh rumah sakit di wilayah Kota Lhokseumawe. Hal itu ditandai dengan telah dijalinnya kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan RSIA Abby Lhokseumawe yang mulai berlaku per 1 Februari 2019. Artinya, tidak ada lagi rumah sakit di Kota Lhokseumawe yang tidak melayani pasien/peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Per 1 Februari, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Abby Lhokseumawe telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada peserta JKN, hal itu ditandai dengan telah ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan di akhir Januari 2019 lalu,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe Manna pada Jumat (08/02) kemarin.

Manna mengharapkan bergabungnya RSIA Abby Lhokseumawe dalam program JKN-KIS dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diterima oleh masyarakat, khususnya terkait ketersediaan jumlah kamar rawatan bagi ibu dan anak mengingat kapasitasnya yang sudah mendapatkan sertifikat akreditasi dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Dihubungi secara terpisah, Direktur RSIA Abby Lhokseumawe, Andi Mahato Lase berharap mampu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS.

“Alhamdulillah, kami akan berusaha agar seluruh masyarakat khususnya peserta JKN-KIS dapat kami layani dengan maksimal, baik dari segi sarana maupun prasarana pelayanan yang kami miliki,” ungkap Andi.

Di samping penandatanganan perjanjian, seluruh rumah sakit pun sudah menandatangani lembar komitmen pelayanan yang berisi butir-butir penting pemberian pelayanan kepada peserta JKN-KIS.

Dalam pemenuhan komitmen RSIA Abby, Andi mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha memenuhi komitmen pelayanan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari perjanjian kerja samanya dengan BPJS Kesehatan yang diantaranya komitmen untuk tidak melakukan pungutan biaya yang tidak sesuai ketentuan, komitmen untuk tidak mendiskriminasi peserta JKN-KIS. dan pasien umum lainnya.

"Kami juga berkomitmen menyediakan ruang rawat inap tanpa kuota pembatasan. Insya Allah akan kita penuhi,” tanggap Andi.

Saat ini, tercatat sebanyak 19 rumah sakit dan 1 klinik utama telah mendapatkan sertifikat akreditasi KARS maupun rekomendasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe. Rumah sakit tersebut tersebar di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe. Adapun rumah sakit yang berada di wilayah kota Lhokseumawe diantaranya RSU Arun Lhokseumawe, RSU Bunda, RSU Kasih Ibu, RSU Bunga Melati, RS PMI Aceh Utara, RS TK IV IM 07.01 Lhokseumawe, RSU Sakinah, RSU Metro Medical Center, dan RSIA Abby Lhokseumawe.

Sementara itu, untuk wilayah Kabupaten Aceh Utara ada 1 rumah sakit dan 1 klinik utama, Kabupaten Bireuen 6 rumah sakit, Kabupaten Aceh Tengah 2 rumah sakit, serta 1 rumah sakit di wilayah Kabupaten Bener Meriah. (HF/pm)