07 Feb 2019
  |  
Dilihat : 34 kali

BPJS Kesehatan Palembang Edukasi Pensiunan PT Pusri Aturan Main JKN-KIS

Palembang, Jamkesnews – Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Palembang menggandeng Yayasan Kesejahteraan Karyawan PT Pusri (YKKP) untuk bersama melaksanakan sosialisasi JKN-KIS kepada para pensiunan perusahaan, Rabu (06/02).

Dalam sambutannya, Ketua Umum PPKP PT Pusri Effendi Robi mengapresiasi langkah BPJS Kesehatan yang telah memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para Pensiunan PT Pusri. Diharapkan dengan sosialisasi ini, para pensiunan dapat memahami hak dan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS.

“Kami sangat berterima kasih atas kerja sama dan dukungan dari BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan sosialisasi Program JKN-KIS. Kiranya hal ini dapat dimanfaatkan oleh peserta yang hadir pada hari ini, jika ada yang mau ditanyakan seputar Program JKN-KIS. Pemahaman ini sangat penting apalagi di usia pensiun saat ini, demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar dapat beraktivitas seperti biasa,” kata Effendi.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang Andi Ashar memaparkan terkait aplikasi Mobile JKN yang memberikan banyak manfaat kemudahan bagi peserta. Peserta yang kebetulan harus mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan misalnya, namun lupa membawa kartu JKN-KIS, peserta dapat dengan mudah menunjukkan KIS digital yang ada di smartphone, dan masih banyak lagi kemudahan yang ada pada aplikasi Mobile JKN.

“Sosialisasi Program JKN-KIS ini rutin dilaksanakan kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk kali ini BPJS Kesehatan Cabang Palembang bekerja sama dengan YKKP PT Pusri melalui pengurus pensiunannya memberikan sosialisasi kepada pensiunan PT Pusri,” ujar Andi.

Selain itu, ia juga memaparkan tentang kepesertaan dan iuran, segmentasi kepesertaan JKN-KIS, besaran iuran PBPU, PPU, kanal pembayaran JKN-KIS, dan alur pelayanan kesehatan. Pada kesempatan itu, Andi juga kembali menyosialisasikan sejumlah kebijakan baru terkait Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

“Kami sangat mengapresiasi Pengurus YKKP PT Pusri yang telah memberikan kesempatan kepada BPJS Kesehatan untuk memberikan sosialisasi Program JKN-KIS, diharapkan dari sosialisasi ini dapat meningkatkan lagi pemahaman masyarakat, khususnya pensiunan PT Pusri terhadap Program JKN-KIS,” tambah Andi. (RW/md)