07 Feb 2019
  |  
Dilihat : 80 kali

Dukung Program JKN-KIS, Pemprov Kalteng Daftarkan 73.561 Jiwa Warganya

Palangka Raya, Jamkesnews – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah buktikan dukungannya terhadap pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (KIS). Hal ini dicetus dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara Kedeputian Wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara (Kaltimtengseltara) BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tentang Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Penduduk Yang Didaftarkan Oleh Pemerintah Propinsi Kalimantan Tengah, Kamis (07/02) di Kota Palangka Raya. Dengan ditanda tanganinya perjanjian ini, sebanyak 73.561 jiwa masyarakat Kalimantan Tengah telah dijaminkan kesehatannya oleh Pemerintah Provinsi.

Penandatangan perjanjian dilakukan langsung oleh Benjamin Saut PS selaku Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara BPJS Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Sekretarias Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri. Disela-sela penandatanganan kerjasama, Benjamin mengungkapkan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi yang mendukung secara penuh pelaksanaan program JKN-KIS khususnya diwilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dengan dukungan nyata yang telah diberikan terhadap pelaksanan program JKN-KIS ini. Diharapkan dengan dukungan Pemerintah Provinsi Kalteng ini dapat mendorong Pemerintah Kabupaten dan Kota lainnya untuk segera mendorong terwujudnya Universal Health Coverage (UHC). Sehingga, di tahun 2019 ini, diharapkan Kalimantan Tengah bisa mendapatkan gelar UHC,” ungkap Benjamin.

Dilain pihak, Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri mengungkapkan hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap program JKN-KIS yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

"Ini merupakan dukungan secara langsung yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng, yang dalam hal ini dilakukan oleh Bapak Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran kepada program JKN-KIS. Sekaligus merupakan bentuk perhatian beliau kepada masyarakat yang ada di Provinsi Kalteng terkait jaminan kesehatan," imbuh Fahrizal.

Sampai dengan 1 Februari 2019, jumlah peserta JKN-KIS di provinsi Kalimantan Tengah mencapai angka 2.068.272 jiwa. Selain itu, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta, BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Kaltimtengseltara bekerja sama dengan 363 fasilitas kesehatan yang terdiri dari 200 puskesmas, 76 dokter praktek, 34 klinik pratama, 26 klinik TNI dan POLRI, 6 dokter gigi, 1 klinik utama dan 20 rumah sakit yang tersebar di wilayah provinsi Kalimantan Tengah. (KA/ma)