07 Feb 2019
  |  
Dilihat : 259 kali

MOBILE CUSTOMER SERVICE BPJS KESEHATAN SAMBANGI WARGA, BERIKUT TANGGAL DAN LOKASINYA SELAMA FEBRUARI

Padang, Jamkesnews -  BPJS Kesehatan kembali membuka gerai Mobile Customer Service (MCS) di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Padang. Masyarakat bisa berkunjung ke lokasi MCS untuk pengurusan administrasi kepesertaan dan pembayaran iuran Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kesempatan tersebut tak disia-siakan oleh Zamris (56), pengemudi ojek yang mangkal tak jauh dari lokasi MCS, ia langsung menyambangi petugas BPJS Kesehatan meskipun masih bersiap-siap membuka gerai di sekitar Pasar Pagi Balai Gadang, Kota Padang. “Lebih rancak (bagus) kalau BPJS (Kesehatan, -red) buka di sini, syukur-syukur kalau ada jadwal rutinnya. Kami sangat terbantu sekali,” ujarnya.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Esi Rosidah (45), pedagang yang lokasi berjualannya tak jauh dari gerai MCS BPJS Kesehatan tersebut mengucapkan terima kasih sekali karena bisa mendapat banyak informasi setelah berkonsultasi dengan petugas. “Sudah lama saya pengen tanya KIS ini, setelah tanya ke kelurahan saya disuruh petugas kelurahan untuk ke BPJS Kesehatan yang di Khatib Sulaiman. Sampai sekarang belum sempat karena jauh, Alhamdulillah hari ini ke sini mobilnya,” ungkapnya.

Secara terpisah Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Asyraf Mursalina  mengharapkan agar masyarakat memanfaatkan momen ini seoptimal mungkin, agar peserta JKN-KIS yang tempat tinggalnya jauh dari kota bisa memangkas biaya transportasi dan memangkas waktu ke kantor BPJS Kesehatan.

“Pelayanan di gerai MCS kami akan melayani pendaftaran peserta, informasi tagihan iuran dan menerima penitipan pembayaran iuran serta hal-hal lain yang berkaitan dengan informasi pelayanan peserta JKN-KIS. Teknis pembayaran begini, nantinya peserta yang setor iuran akan diberikan kwitansi oleh petugas, sesampainya petugas di kantor, baru akan kami transferkan ke virtual account, jadi istilahnya kami membantu pembayaran,” ujar Asyraf.

Bulan Februari, tambah Asyraf, BPJS Kesehatan akan membuka gerai MCS sebanyak dua belas kali. Gerai tersebut akan melayani masyarakat empat kali dalam seminggu. Hari Senin MCS akan menuju Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman. Sementara Selasa sampai dengan Kamis MCS akan stand by di titik-titik strategis di Kota Padang.

“Titik strategis ini bukan dalam kota ya, tetapi lebih ke tempat yang jauh dari kota tetapi tempat tersebut ramai dan biasa dikunjungi masyarakat sekitar. Contohnya untuk Februari ini seperti Kantor Camat Padang Selatan, Kantor Camat Bungus Teluk Kabung dan Pasar Pagi Balai Gadang di Lubuk Minturun. Jadwal Februari sudah ada, silahkan dicek dan dibagikan ke sanak-familinya untuk memanfaatkan MCS ini,” tambahnya.

Tambahan informasi bagi masyarakat Padang Pariaman, pada tanggal 6, 7, 13, 14, 16 dan 17 Februari MCS BPJS Kesehatan akan stand by di Kecamatan Kuranji Hulu. “Rencananya tanggal 6 kami  di Tanjung Alai Timur dan Barat, tanggal 7 di Palo Padang dan Balai Kamih, tanggal 13 di Kalawi dan tanggal 14 di Balekok,” tambah Asyraf. (aw/bo)