06 Feb 2019
  |  
Dilihat : 789 kali

BPJS Kesehatan Atambua Adakan Monitoring Dan Evaluasi Layanan JKN-KIS

Atambua, Jamkesnews- Dalam upaya menjaga mutu pelayanan dan penyebaran Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka, BPJS Kesehatan Cabang Atambua mengadakan pertemuan bertajuk “Serah Terima Perjanjian Kerjasama Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Tahun 2019” yang  diselenggarakan di Kabupaten Belu, Rabu (06/02).

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan monitoring dan evaluasi terkait pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diberikan oleh FKTP mitra BPJS Kesehatan selama tahun 2018 dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Belu serta seluruh Pimpinan Klinik Swasta, Dokter Umum Keluarga dan Dokter Gigi Keluarga yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dari ketiga wilayah kabupaten.

“Kegiatan monitoring dan evaluasi pelayanan JKN-KIS serta serah terima perjanjian Kerjasama ini merupakan kegiatan yang kami lakukan bersama FKTP mitra BPJS Kesehatan baik pemerintah maupun swasta di awal tahun, untuk memastikan komitmen pemenuhan hak dan kewajiban kedua belah pihak yang bertujuan pada peningkatan mutu dan kualitas layanan kesehatan yang akan diberikan kepada peserta JKN-KIS,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Atambua, M. Idar Aries Munandar.

Pada pemaparannya Idar juga berharap melalui kerjasama ini dapat memastikan penyebaran fasilitas kesehatan yang lokasinya sedekat mungkin dengan wilayah tempat tinggal peserta untuk mempermudah mendapatkan pelayanan kesehatan, yang merupakan hak seluruh peserta JKN-KIS.

”Kegiatan monitoring dan evaluasi ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan bagi kami dapat digunakan untuk meliat apa yang sudah dilakukan selama ini, lebihnya dimana untuk terus tingkatkan, dan yg masih kurang dijadikan catatan untuk kami perbaiki contohnya seperti beberapa program yang belum berjalan maskimal untuk dapat kita maksimalkan lagi,” Jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, drg. Pakalia Fahik.

Sebagai informasi Untuk wilayah kerja BPJS Kesehatan Atambua sendiri yang mencakup wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka terdapat 145 FKTP. (ay/rr)