06 Feb 2019
  |  
Dilihat : 464270 kali

Mobile Customer Service Dekatkan Layanan JKN-KIS ke Peserta

Bogor,Jamkesnews - Antusias peserta JKN-KIS sangat terlihat saat petugas BPJS Kesehatan tiba di Kelurahan Rancamaya, Rabu (06/02). Kedatangan petugas bukan tanpa sebab, melainkan untuk melakukan sosialisasi Mobile JKN dan mobile customer service (MSC) dimana peserta akan mendapatkan informasi dan pelayanan yang mereka butuhkan.

MCS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan bertujuan untuk mendekatkan masyrakat dalam mengurus segala administrasi yang berhubungan dengan kepesertaan JKN-KIS, sehingga tidak perlu jauh-jauh mendatangi Kantor BPJS Kesehatan, tidak lupa pada kesempatan tersebut disosialisakan juga mengenai Mobile JKN.

“Banyak daerah di Kota Bogor yang aksesnya jauh untuk sampai ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bogor, maka dari itu kami datang ke kelurahan-kelurahan untuk membuka layanan sehingga peserta tidak sulit mendapatkan layanan dari kami,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Bogor Betty Ully.

Informasi mengenai Mobile JKN juga giat disebarkan demi bertambahnya penggunaan aplikasi tersebut dikalangan masyarakat luas, tak terkecuali oleh peserta JKN-KIS lingkup Kelurahan Kedung Badak yang pertama kali mendapatkan sosialisasi secara langsung oleh petugas BPJS Kesehatan Cabang Bogor.

“Penggunaan Mobile JKN oleh peserta JKN-KIS dirasa sangat penting karena selain dapat memudahkan, mereka pun dapat mengajak peserta lain untuk menggunakan dan merasakan kemudahan aplikasi Mobile JKN mengingat banyak sekali pertanyaan yang diberikan oleh peserta JKN-KIS Bogor mengenai perpindahan lokasi fasilitas kesehatan, informasi tagihan iuran, dan perubahan data," terang Betty.

Petugas Kelurahan Kedung Badak dan peserta JKN-KIS dikenalkan dengan adanya Mobile JKN yang hadir untuk memberikan banyak kemudahan yang di antaranya mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, mengetahui data peserta dan keluarga, mendaftar dan mengubah data kepesertaan, mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan.

Kehadiran JKN Mobile diharapkan bisa mendongkrak jumlah peserta JKN-KIS. Kanal itu sengaja disiapkan BPJS Kesehatan seiring dengan perkembangan teknologi yang masif berdampak kepada teknologi penunjang pelayanan kesehatan.

“Kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh warga Kelurahan Rancamaya. Dengan begini warga mendapatkan informasi terbaru seperti Mobile JKN dan mendapatkan pelayanan administrasi dekat dengan rumahnya,” ujar Kasie Kemas Kelurahan Rancamaya Sri Neneh Nurhayati.

Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Mobile JKN seperti pengecekan status kepesertaan untuk dapat mengetahui iuran yang wajib dibayarkan, mengganti beberapa data kepesertaan salah satunya perubahan fasilitas kesehatan, peserta pun dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk mengecek risiko akan diagnosa hipertensi atau diabetes militus,tidak itu saja demi mendukung teknologi digital BPJS Kesehatan tidak ingin ketinggalan dengan menyediakan fitur Kartu Virtual KIS pada aplikasi Mobile JKN tersebut yang berfungsi sebagai pengganti kartu fisik sehingga jika tidak membawa Kartu KIS peserta tetap dapat berobat dengan menunjukan kartu Virtual KIS tersebut, tidak itu saja peserta pun bisa mencetak sendiri kartu tersebut yang nantinya akan dikirimkan melalui email yang telah  didaftarkan pada aplikasi mobile JKN.

“Kami petugas kelurahan dapat menyosialisasikan kembali mengenai Mobile JKN ini kepada warga yang tidak sempat datang. Dengan berbagai layanan yang ada diaplikasi Mobile JKN, diharapkan bisa mempermudah warga Kelurahan Rancamaya mengurus keperluan administrasi JKN-KIS mereka,” tutup Sri.(hr)