06 Feb 2019
  |  
Dilihat : 60 kali

BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang Laksanakan Evaluasi Kinerja Kader JKN

Tanjungpinang, Jamkesnews – Sebagai upaya memperkuat fungsi Kader JKN sebagai pengingat dan pengumpul iuran serta dalam rangka mengevaluasi hasil dan kinerja di tahun 2018, BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang melaksanakan evaluasi kinerja para Kader JKN, Rabu (06/02).

“Kader JKN memiliki peran penting dalam memberikan edukasi program JKN-KIS kepada masyarakat, serta hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Lenny Marlina T.U.M.

Bukan hanya evaluasi, dalam pertemuan tersebut juga dilakukan diskusi tentang permasalahan yang ditemukan oleh para Kader JKN di lapangan serta penyebarluasan informasi terbaru terkait program JKN-KIS.

“Dengan pemberian materi kepada Kader JKN, diharapkan dapat menambah informasi dan pengetahuan para Kader JKN terkait program JKN-KIS sehingga nantinya dapat disampaikan kepada masyarakat,” tambah Lenny.

BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang telah bekerja sama dengan 7 (tujuh) orang Kader JKN. 4 (empat ) Kader JKN untuk wilayah Kota Tanjungpinang, 1 (satu) Kader JKN untuk wilayah Kabupaten Bintan, 1 (satu) Kader JKN untuk wilayah Kabupaten Natuna dan 1 (satu) orang Kader JKN untuk wilayah Kabupaten Lingga.

Lenny menambahkan kehadiran Kader JKN adalah sebagai penjaga sustainibilitas dari sisi kolektabilitas. Untuk bulan Desember 2018, para kader JKN KC Tanjungpinang telah berhasil mengumpulkan iuran dari peserta menunggak senilai Rp 150.911.950,-.

“Semoga di tahun 2019 ini, para Kader JKN dapat bekerja lebih optimal dan dapat meningkatkan capaian iuran yang dikumpulkan dari peserta menunggak,” lanjut Lenny.

Muhlisin, salah satu Kader JKN di wilayah Kota Tanjungpinang menceritakan pengalamannya selama menjadi Kader JKN.

“Banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan dengan menjadi Kader JKN. Saya bukan hanya menagih tapi juga menyampaikan informasi JKN-KIS kepada peserta. Karena di lapangan masih banyak peserta yang belum paham.  Jadi ketika kunjungan, saya juga menyampaikan informasi seputar program JKN-KIS sehingga peserta yang belum paham bisa menjadi paham dan mengerti,” ungkap Muhlisin.

Muhlisin juga menyampaikan apresiasinya atas kegiatan evaluasi kinerja yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang pada hari ini.

“Banyak informasi yang saya dapatkan, dan tentunya informasi ini menjadi bekal bagi saya dan teman-teman Kader JKN yang lain untuk dapat disampaikan kepada masyarakat nanti,” tutupnya. (aw/ms)