04 Feb 2019
  |  
Dilihat : 216 kali

Libur Daerah, BPJS Kesehatan Biak Tetap Berikan Pelayanan

Biak Numfor, Jamkesnews – Otonomi Khusus adalah kewenangan khusus yang diakui dan diberikan kepada Provinsi Papua untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi dan hak-hak dasar masyarakat Papua. Papua sebagai daerah yang memiliki mayoritas penduduk Kristen memiliki Otonomi Khusus (OTSUS) pada hari Pengkabaran Injil/Papua Tanah Damai Tahun 2019 yakni dengan diterbitkannya Surat Edaran Gubernur Papua yang menyatakan bahwa tanggal 04 s/d 06 Februari 2019, sebagai hari libur dalam rangka Hari Pengakabaran Injil di Tanah Papua dan cuti bersama Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili.

Meskipun banyak instansi pemerintahan yang tidak buka pada hari tersebut, BPJS Kesehatan sebagai lembaga pelayanan publik yang bertugas memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, berkomitmen tetap memberikan pelayanan sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan peserta dalam menggunakan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Hal ini seperti yang terlihat di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Senin (04/02).

Kepala Bidang Kepesertan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Hardi Ariawan, menjelaskan bahwa pembukaan layanan BPJS Kesehatan di hari Libur Papua ini bertujuan agar masyarakat tidak terhalangi untuk mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan. Selain bukanya Kantor BPJS kesehatan Cabang Biak Numfor,  untuk memberikan pelayanan maksimal bagi peserta JKN-KIS, peserta dapat secara langsung mengakses Aplikasi Mobile JKN untuk mendukung dan memudahkan peserta JKN-KIS dalam menjangkau kepesertaannya. Beberapa fitur penting dapat digunakan oleh peserta disesuaikan dengan kebutuhannya.

“Peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan, kami tetap buka layanan bagi masyarakat dan peserta JKN-KIS. Kami berharap dengan tetap bukanya kantor kami apabila ada peserta yang membutuhkan bantuan dalam pengurusan kartu JKN-KIS dapat langsung terselesaikan dengan cepat,”ujar Hardi.

Dari pantauan Tim Jamkesnews dilapangan, banyak peserta yang datang untuk mengurus kepesertaannya, mulai dari penambahan peserta, perubahan data hingga pengurusan denda pelayanan. Salah satunya Irwan (32), yang datang berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor untuk mengurus penambahan anak ke-2 yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS mengaku sangat simpatik dengan BPJS Kesehatan yang meski libur telah ditetapkan oleh Pemerintah Papua tetapi tetap membuka kantor dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebelumnya saya tidak menyangka jika pelayanan BPJS Kesehatan bisa dilakukan pada hari libur. Tapi sekarang saya bisa melihat dan mendapatkan pelayanan yang baik disaat hari libur seperti ini. Pelayanan dari petugas cepat dengan penyampaian informasi yang jelas,” ungkapnya.(TR/as).