01 Feb 2019
  |  
Dilihat : 66 kali

Bantu Sesama dengan Program Donasi JKN-KIS

Ungaran, Jamkesnews – Melalui Program Donasi Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), 81 jiwa masyarakat kurang mampu di Kabupaten Semarang mendapatkan bantuan perlindungan jaminan kesehatan selama tahun 2019. Secara simbolis Kartu JKN-KIS diserahterimakan kepada peserta penerima bantuan donasi pada Senin (04/02) di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ungaran.

Disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ungaran Titus Sri Hardianto bahwa ini adalah kali ketiga kegiatan ini diselenggarakan setelah sebelumnya dilakukan di Kabupaten Kendal dan Kota Salatiga. Seperti diketahui BPJS Kesehatan Cabang Ungaran membawahi tiga Kabupaten/ Kota, yaitu Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal dan Kota Salatiga.

“Pada tahun 2019 ini di Kabupeten Semarang ada 2 Optik yang berpartisipasi dalam program Donasi JKN-KIS. Kami mengucapkan terima kasih kepada Optik Intan dan Optik Alfa yang sudah menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk donasi dengan mendaftarkan masyarakat yang kurang mampu di Kabupaten Semarang menjadi peserta JKN-KIS. Ini bearti kedua optik telah turut serta membantu pemerintah daerah yang berkewajiban memastikan seluruh penduduknya terdaftar dalam Program JKN-KIS," ungkap Titus.

Ditemui di tempat berbeda, Intan, pemilik Optik Intan, menyampaikan bahwa apa yang dilakukan Optik Intan adalah upaya mendukung kesinambungan Program JKN-KIS. Baginya program donasi ini sangat penting karena sangat membantu bagi masyarakat yang kurang mampu. Bahkan di bulan Januari ini ia menemui bahwa salah satu peserta penerima donasi jatuh sakit dan beruntungnya sudah ada kartu JKN-KIS sehingga sangat membantu dalam memenuhi biaya perawatan. Intan berharap bahwa program Donasi JKN-KIS yang dilakukannya akan terus berlanjut ke tahun-tahun selanjutnya, termasuk dalam peningkatan jumlah peserta yang ditanggung.

Ia juga menyampaikan bahwa secara keseluruhan ada 526 jiwa penduduk di wilayah kerja Kantor Cabang Ungaran yang ter-cover melalui program Donasi JKN-KIS di tahun 2019.

“Di Kabupeten Kendal ada Yayasan Asia Pasific Fiber dan RS Islam Kendal yang telah bergabung dalam program Donasi JKN-KIS sejak tahun 2018. Disusul dengan Optik SA Ismail Kendal, Optik Wahyu Kendal, dan Optik Damai Kendal. Sedangkan di Kota Salatiga ada Optik D-D dan Optik Gendon. Sehingga total Lembaga/ Badan Usaha yang telah berpartisipasi dalam program ini di Kantor Cabang Ungaran ada 9," katanya.

Berdasarkan data kepesertaan, sampai dengan Desember 2018 pencapaian jumlah peserta JKN-KIS di wilayah kerja Kantor Cabang Ungaran mencapai angka 1.570.213 dari 2.182.385 jiwa atau 71.95%. Masih ada 28.05% penduduk di Kab. Semarang, Kab. Kendal dan Kota Salatiga yang belum terdaftar menjadi peserta JKN-KIS.

Program Donasi JKN-KIS akan sangat membantu dalam pencapaian Universal Health Coverage (UHC). Sehingga diharapkan akan semakin banyak lagi masyarakat, lembaga ataupun badan usaha yang tergerak untuk berpartisipasi dalam program Donasi JKN-KIS. Dengan begitu maka akan semakin banyak partisipasi dalam menyukseskan program JKN-KIS, dimana manfaatnya telah banyak dirasakan oleh masyarakat luas.

"Kami harapkan tahun ini akan ada penambahan donatur dalam program Donasi JKN-KIS. Tidak hanya lembaga atau badan usaha, partisipasi ini bisa dilakukan oleh masyarakat secara perorangan. Mari bersama menularkan kebaikan kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan untuk didaftarkan dan dibayarkan iurannya sebagai peserta JKN-KIS. Wujudkan kepedulian kepada sesama melalui Program Donasi JKN-KIS,” tutup Titus.(ma/rt)