03 Okt 2017
  |  
Dilihat : 378 kali

Lakukan Peregangan Agar Tetap Bugar Di Kantor

Lingkungan kerja memainkan peran yang sangat besar dalam memengaruhi kesehatan seseorang. Pasalnya hampir sebagian besar waktu kita dihabiskan di tempat kerja. Duduk berlama-lama sambil memelototi layar komputer selama seharian bekerja seringkali menimbulkan gangguan kesehatan yang bisa memengaruhi produktivitas kerja.

 

Selain itu, banyak dari pekerja yang mengeluhkan sakit punggung dan nyeri otot leher akibat posisi duduk yang keliru saat mengetik, atau karena kursi kantor yang tidak mendukung postur tubuh. Ditambah lagi dengan tekanan dan beban pekerjaan yang bisa membuat stres.

 

Agar terhindar dari risiko gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaan, sebetulnya ada banyak aktivitas sehat yang bisa dilakukan di tempat kerja, seperti melakukan peregangan dan beberapa latihan fisik ringan. Peregangan dan latihan fisik tersebut juga bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan tempat kerja.

 

Spesialis kedokteran olahraga, Andi Kurniawan memaparkan, kesibukan yang padat di tempat kerja memang seringkali membuat kita lupa dengan kesehatan tubuh. Jangankan untuk melakukan latihan fisik, hanya sekedar peregangan juga sering terlupakan. Padahal hal tersebut sangat penting untuk membuat kita tetap bugar dan produktif di tempat kerja.

 

“Sesibuk apapun kita di tempat kerja, sempatkanlah untuk melakukan peregangan atau latihan fisik ringan. Kalau terus-terusan kerja tanpa melakukan hal tersebut, justru malah menimbulkan masalah kesehatan yang bisa memengaruhi produktivitas kerja,”ujar Andi Kurniawan.

 

Pesan Andi, tetap aktif dan bugar di tempat kerja sebaiknya  dimulai sejak pagi hari sebelum tiba di tempat kerja, misalnya menggunakan transportasi umum untuk menuju kantor. Dengan begitu, kita lebih punya banyak kesempatan untuk berjalan kaki. Apabila membawa kendaraan pribadi, sebaiknya kendaraan tersebut diparkir di tempat yang jauh dari pintu masuk. Lalu sebisa mungkin untuk mengganti penggunaan eskalator atau lift dengan naik-turun tangga.

 

Senam Tiga Menit

Setelah dua jam bekerja dalam posisi yang sama, sangat disarankan untuk melakukan beberapa gerakan peregangan. Tujuannya untuk mengurangi kelelahan, mengembalian konsentrasi, serta melatih otot agar lebih kuat, sehingga tidak mudah lelah saat bekerja.

 

Agar kegiatan peregangan menjadi lebih menyenangkan, kita juga bisa melakukan senam peregangan bersama-sama di tempat kerja setiap hari pukul 10.00 dan 14.00. Tidak butuh waktu lama, gerakan senam peregangan ini cukup dilakuan selama sekitar tiga menit. Untuk gerakannya, bisa menirukan gerakan senam versi Senam Sehat Bugar.

 

Intinya, setiap bagian tubuh harus diregangkan agar otot-otot tubuh kembali rileks, mulai dari peregangan otot leher, pundak atau bahu, lengan, pinggang, hingga bagian kaki. 

 

Berikut ini beberapa contoh gerakan peregangan yang bisa dilakukan di tempat duduk :

 

1. Untukmeregangkan otot lengan bagian atas dan bahu, angkat lengan kanan dan tekuk ke belakang. Letakkan tangan kiri pada siku, dan perlahan tarik lengan ke belakang. Tahan selama 15 sampai 30 detik, lalu ulangi untuk lengan kiri.

 

2. Untuk meregangkan otot kaki dan punggung bawah, luruskan kaki ke depan. Bungkukkan badan ke depan dan coba sentuh hingga mendekati ujung jari kaki. Tahan selama 20 detik.

 

3. Untuk peregangan pada otot punggung dan bokong, tekuk kaki kanan dan dekatkan ke dada. Rangkul kaki erat-erat sambil meluruskan punggung. Tahan posisi selama 15 detik, kemudian lakukan hal yang sama untuk kaki kiri.

 

4. Untuk peregangan pada bagian samping tubuh, angkat tangan kanan tinggi-tinggi dan perlahan, lalu perlahan condongkan tubuh ke kiri. Tahan 10 detik sebelum pindah ke sisi sebelahnya.

 

 

5. Untuk meregangkan otot bahu, punggung atas dan leher, tarik kedua tangan ke belakang sambil menautkan jari-jari kedua tangan. Perlahan tarik tangan ke belakang sambil mendongakkan kepala dan tatap langit selama 15 detik.

 

6. Untuk meregangkan otot bahu dan leher, miringkan kepala ke kanan dan tahan posisi ini selama 10 detik, lalu miringkan kepala ke sisi lainnya. Saat melakukan peregangan ini, pastikan punggung dalam posisi tegak.