17 Okt 2018
  |  
Dilihat : 109 kali

Menurut Penelitian, Tips-Tips Mudah Ini Bisa Mengecilkan Perut Buncit

Saat ini, banyak sekali orang yang memiliki perut buncit. Bukan hanya orang yang gemuk, orang-orang dengan tubuh proposional pun bisa memiliki perut yang buncit. Perut buncit bukan hanya mengganggu penampilan kita, tetapi juga bisa menyebabkan masalah yang serius. Hal itu terjadi karena menumpuknya lemak viseral di bagian perut. Selain perut buncit, lemak viseral dapat juga menyebabkan diabetes tipe 2, sakit jantung, tekanan darah tinggi, stoke, kolestrol bahkan kanker. Oleh sebab itu, yuk kita simak tips-tips mengecilkan perut buncit yang sudah dibuktikan oleh penelitian ini:

1. Jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula
Gula tambahan pada makanan atau minuman sangatlah berbahaya. Menurut penelitian yang tertulis dalam The Journal of Clinical Investigation, gula tambahan mempunyai efek yang berbahaya bagi tubuh kita. Gula tambahan terdiri dari setengah glukosa dan setengah fruktosa. Fruktosa hanya dapat diproses di hati kita dalam jumlah tertentu. Jika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula tambahan, hati kita akan kelebihan fruktosa sehingga fruktosa tersebut akan berubah menjadi lemak yang akhirnya menumpuk pada hati dan perut.

Perlu diingat bahwa gula yang terkandung pada buah berbeda dengan gula tambahan pada makanan atau minuman manis. Gula yang terkandung pada buah merupakan gula yang baik untuk kesehatan karena mengandung serat yang dapat mengurangi fruktosa. Sedangkan gula tambahan biasanya terkandung dalam minuman manis seperti sirup, soda, jus kemasan atau makanan kemasan lainnya. Mulai sekarang, jika kita mengkonsumsi makanan atau minuman kemasan, jangan lupa untuk memeriksa kandungan gula pada label kemasannya, karena makanan kemasan yang sehat pun bisa mengandung banyak gula.

2. Makan lebih banyak protein sebagai strategi jangka panjang
Protein adalah makro-nutrisi yang paling penting untuk menurunkan berat badan. Di dalam sebuah penelitian yang dipublikasi di National Center of Biotechnology Information, Protein terbukti menurunkan keinginan untuk makan sebesar 60%, mempercepat metabolisme tubuh dalam membakar kalori hingga 80-100 kalori perhari sehingga kalori yang diterima oleh tubuh dapat berkurang hingga 441 kalori perhari. Selain itu, menurut penelitian lainnya memperlihatkan bahwa jumlah dan kualitas protein yang dikonsumsi akan mengurangi lemak di perut. maka dari itu, kita harus memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan protein seperti ikan, seafood, telur, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan produk susu.

3. Kurangi konsumsi karbohidrat
Mengurangi karbohidrat merupakan cara yang efektif untuk mengurangi berat badan. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang dipublikasi di National Center of Biotechnology Information. Diet rendah karbohidrat terbukti dapat menurunkan berat badan 2-3 kali lebih banyak daripada diet rendah lemak. Diet rendah karbohidrat ditargetkan untuk menghilangkan lemak di perut, organ dan liver. Jika kita sudah mengonsumsi makanan kaya protein, cukup kurangi konsumsi karbohidrat olahan seperti permen, gula, roti, dan nasi dapat membantu mengurangi lemak di perut. Tentu saja, diet rendah karbohidrat ini mempunyai manfaat kesehatan lainnya seperti mengurangi efek samping dari diabetes tipe 2.

4. Makan makanan yang mengandung serat viscous
Berdasarkan penelitian yang dipublikasi di National Center of Biotechnology Information, mengonsumsi 14 gram serat perhari dapat mengurangi asupan kalori hingga 10% dan menurunkan berat badan sebesar 2 kg dalam jangka waktu 4 bulan. Selain itu, mengonsumsi 10 gram serat perhari dapat mengurangi jumlah lemak sebanyak 3,7% di bagian rongga perut. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayuran, buah, sereal dan juga oats, kita dapat mengurangi lemak perut yang berbahaya.

5. Olahraga sangat efektif untuk menghilangkan lemak di perut
Olahraga merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan lemak di perut. Menurut penelitian, olahraga aerobic seperti berenang, berjalan, lari, bersepeda dan cardio merupakan olahraga yang cocok untuk mengurangi lemak diperut. Olahraga juga menyebabkan berkurangnya peradangan, menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki semua kelainan metabolik lain yang berhubungan dengan kelebihan lemak perut. Selain menghilangkan lemak di perut, olahraga juga membuat tubuh kita lebih sehat dan dapat memperpanjang umur kita. Maka dari itu, yuk kita lebih sering berolahraga.

6. Tidur yang cukup dan berkualitas
Berdasarkan jurnal penelitian yang terdapat dalam National Center of Biotechnology Information, orang yang tidak mendapatkan tidur yang cukup lebih beresiko untuk bertambah berat badannya, termasuk lemak di perutnya. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 16 tahun, lebih dari 68.000 perempuan yang tidur kurang dari lima jam per malam secara signifikan lebih besar kemungkinan berat badannya naik dibandingkan mereka yang tidur tujuh jam atau lebih per malam. Kondisi sleep anea yang merupakan gangguan tidur serius di mana pernapasan sering berhenti selama tidur, juga dikaitkan menjadi penyebab berlebihnya lemak viseral. Maka dari itu, tidur yang nyenyak dan berkualitas selama tujuh jam sangatlah dibutuhkan jika kita ingin mengecilkan perut kita. Jika mengalami sleep anea atau gangguan tidur lainnya, periksakanlah ke dokter agar dapat segera diobati.

Jadi, jika kita ingin menghilangkan perut yang buncit, ayo kita mulai menjaga pola, mulai berolahraga dan tentunya tidur minimal tujuh jam sehari. Jangan lupa juga untuk mencatat jumlah kalori dari makanan dan minuman yang kita konsumsi supaya kamu dapat terus mengontrol jumlah kalori yang kita terima.

https://www.healthline.com/nutrition/6-proven-ways-to-lose-belly-fat#section1
https://www.healthline.com/nutrition/20-tips-to-lose-belly-fat#section6
https://www.stylecraze.com/articles/5-exercises-and-5-foods-to-reduce-belly-fat/#gref
https://stronglifts.com/how-to-lose-belly-fat-fast-naturally/
https://www.merdeka.com/sehat/9-cara-mengecilkan-perut-buncit-secara-mudah-alami-ketahui-6-penyebab-utamanya.html
https://www.verywellfit.com/what-is-belly-fat-3496290
https://www.prevention.com/weight-loss/a20458064/new-research-on-how-to-lose-belly-fat/