16 Okt 2018
  |  
Dilihat : 96 kali

Hati-hati! Kebiasaan Ini Bisa Merusak Gigi Kita Loh

Hati-hati! Kebiasaan Ini Bisa Merusak Gigi Kita Loh
Setiap orang pasti ingin mempunyai gigi yang putih dan sehat. Ternyata untuk mendapatkan gigi sehat, kita harus berusaha lebih dari sekedar menggosok gigi atau melakukan flossing. Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata tidak baik untuk kesehatan gigi. Supaya kita dapat mengubah kebiasaan itu dan memiliki gigi yang sehat, simak beberapa kebiasaan buruk ini yang dapat merusak gigi:


1. Mengunyah Es Batu
Jika udaranya sedang panas, pasti kita suka mengonsumsi minuman dingin. Bahkan beberapa orang suka mengunyah es batunya. Kita pasti berpikir mengunyah es batu tidak berbahaya, tapi hati-hati loh, ternyata mengunyah es batu dapat merusak gigi kita secara permanen karena dapat menyebabkan keretakan pada email gigi kita. Hal itu terjadi karena es batu merupakan zat yang keras. Selain keretakan kecil, gigi kita juga bisa patah, bahkan mahkota gigi bisa mengendur. Oleh sebab itu, jika kita sedang membutuhkan sesuatu yang segar lebih baik kita mengonsumsi minuman dingin. Kita dapat menggunakan es untuk mendinginkan minuman, tetapi tidak untuk mengunyahnya. Jika memiliki kebiasaan mengunyah es batu karena iseng atau merasa bosan, kita bisa mengganti es batu dengan permen karet tanpa gula.

2. Membuka Botol atau Bungkus Makanan Dengan Gigi
Membuka bungkus makanan atau minuman sangat tidak dianjurkan oleh dokter gigi dan hal itu dapat menyebabkan kerusakan yang mengerikan pada gigi. Menggunakan gigi sebagai alat untuk membuka bungkusan, dapat membuat gigi retak atau pecah. Gigi yang retak atau pecah akan menimbulkan rasa sakit yang besar dan menghabiskan banyak uang untuk pengobatannya. Lebih baik gunakan alat seperti gunting atau pembuka botol dariapada kita mengorbankan gigi kita.

3. Minuman Soda
Minuman soda menggunakan gula tambahan. Gula yang terdapat dalam soda dapat mencapai sekitar 11 sendok teh persaji. Selain itu, soda juga mengandung asam fosfat dan sitrat yang dapat menggerogoti email gigi yang akan menyebabkan gigi menjadi sensitif. Jika tetap ingin meminum soda, sebaiknya kumur-kumur dengan air putih setelah minum soda untuk meminimalisasi erosi pada email gigi.

4. Permen Jeli
Seperti yang kita ketahui, permen memang buruk untuk kesehatan gigi, tapi ternyata ada beberapa permen yang memiliki dampak lebih buruk lagi bagi kesehatan gigi satunya yaitu permen jeli. Permen jeli yang lengket akan menempel di gigi dan di celah-celah gigi. Air liur tidak dapat membersihkan permen yang menempel sehingga permen yang menempel tersebut dapat merusak lapisan email gigi. Selain permen jeli, beberapa makanan juga memberikan efek yang sama seperti permen jeli yaitu caramel, kismis dan buah-buahan kering. Jangan lupa setelah kita makan makanan yang dapat menempel di gigi, sebaiknya sikat gigi atau melakukan flossing.

5. Meminum Air Lemon
Selama ini air lemon dipercaya baik untuk kesehatan. Air lemon dapat membantu sistem pencernaan, memperkuat sistem imun, membersihkan racun dalam tubuh dan memberikan manfaat-manfaat kesehatan lainnya.Tapi ternyata air lemon dapat menyebabkan erosi pada email gigi yang akhirnya merusak gigi karena asam yang terkandung dalam lemon. Jangan langsung sikat gigi setelah meminum air lemon. Jika tetap ingin meninum air lemon, kumur-kumur dengan air sehingga asam yang terkandung pada air lemon tidak tersisa paad gigi.

https //www.webmd.com/oral-health/ss/slideshow-teeth-wreckers
https //www.onhealth.com/content/1/protect_teeth_dental_health
https //www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/worst-foods-for-your-teeth#1
https //www.practo.com/healthfeed/10-habits-that-are-secretly-damaging-your-teeth-25563/post
https //www.rd.com/health/wellness/healthy-habits-damage-teeth/
http //www.knowyourteeth.com/infobites/abc/article/?abc=H&iid=184&aid=11069
https://health.clevelandclinic.org/could-you-be-ruining-your-teeth-with-these-5-bad-habits/