06 Mei 2019
  |  
Dilihat : 112 kali

Tubuh Kekurusan? Inilah Cara Sehat Untuk Menaikkan Berat Badan

Masalah berat badan bukan hanya dialami oleh mereka yang bertubuh gemuk. Beberapa orang memiliki tubuh yang terlalu kurus dan berat badan mereka tak kunjung bertambah juga meskipun sudah makan banyak. Tubuh yang terlalu kurus dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti makan yang tidak teratur, metabolisme tubuh yang cepat, faktor genetik keluarga yang bertubuh kurus, aktivitas fisik yang cenderung tinggi, mengonsumsi obat-obatan tertentu, masalah psikologis ataupun karena kondisi medis tertentu seperti gangguan keseimbangan hormon yang menyebabkan hipertiroid. Jika Anda ingin menambah berat badan, Anda dapat pergi ke ahli nutrisi untuk mengikuti program menaikkan berat badan atau Anda bisa mencoba beberapa cara sehat untuk menambah berat badan seperti yang dilansir dari website healthline.com:

 

1. Konsumsi lebih banyak kalori dari yang tubuh Anda bakar

Cara paling efektif untuk menambah berat badan yaitu mempunyai kalori yang lebih di dalam tubuh daripada yang dibakar. Anda dapat menggunakan aplikasi yang menghitung pembakaran kalori setiap harinya untuk mengetahui jumlah kalori yang harus Anda konsumsi. Jika Anda ingin menaikkan berat badan secara perlahan, Anda dapat mengonsumsi sekitar 300-500 lebih banyak daripada kalori yang dibakar. Sedangkan jika ingin menambah berat badan secara cepat, Anda bisa mengomsumsi 700-1000 kalori lebih banyak dari pada yang dibakar.

 

2. Konsumsi makanan yang kaya akan protein

Nutrisi yang paling penting untuk menambah berat badan yaitu protein. Menurut penilitian yang terdapat di National Center for Biotechnology Information, konsumsi protein yang banyak dapat menyebabkan kelebihan kalori yang diubah menjadi otot. Tetapi ada hal yang perlu diingat, protein yang terlalu banyak juga dapat mengurangi rasa lapar dan nafsu makan sehingga dapat menyebabkan tubuh kekurangan mendapat kalori. Jika Anda ingin menambah berat badan, konsumsilah 1,5-2,2gram protein per kilogram. Makanan seperti daging, ikan, telur, susu, dan kacang-kacang merupakan makanan kaya protein yang dapat Anda konsumsi.

 

3. Konsumsi makanan dengan karbohidrat dan lemak yang tinggi paling sedikit tiga kali sehari

Perbanyak konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan tinggi lemak setiap kali makan. Pastikan untuk makan setidaknya tiga kali sehari.

 

4. Olahraga angkat beban atau latihan kekuatan

Untuk memastikan kalori yang Anda konsumsi berubah menjadi otot bukan menjadi sel lemak maka Anda perlu melakukan olahraga angkat beban. Olahraga angkat beban dapat dilakukan sebanyak dua sampai empat kali seminggu. Berolahraga juga dapat membuat nafsu makan Anda bertambah. Jika Anda baru mengikuti pelatihan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyewa pelatih pribadi untuk membantu Anda.

 

5. Cobalah minum smoothies atau minuman kocok

Janganlah meminum soda diet, kopi atau minuman rendah kalori lainnya yang tidak bernutrisi. Minumlah smooties, atau minuman kocok sehat yang terbuat dari susu dan buah. Anda bisa membuat smooties seperti yang dilansir dari website healthline.com:

  • Chocolate banana nut shake: Campurkan 1 pisang, 1 sendok protein whey cokelat dan 1 sendok makan (15 ml) kacang atau selai kacang lainnya.
  • Chocolate hazelnut shake: Campurkan 15 ons (444 ml) susu cokelat dengan 1 sendok protein whey cokelat, 1 sendok makan (15 ml) mentega hazelnut dan 1 buah alpukat.
  • Super green shake: Campurkan 1 cangkir (237 ml) bayam, 1 buah alpukat, 1 pisang, 1 cangkir (237 ml) nanas dan 1 sendok protein whey tanpa rasa atau rasa vanili.

 

6. Jangan minum sebelum makan

Minum air sebelum makan akan membuat Anda cepat kenyang dan mengurangi nafsu makan. Minumlah air setelah makan agar konsumsi kalori Anda tidak terganggu.

 

 

 

https://www.healthline.com/nutrition/18-foods-to-gain-weight

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321518.php

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/underweight/faq-20058429

https://www.thediabetescouncil.com/how-can-some-people-eat-a-lot-and-still-remain-thin/

https://www.health24.com/Diet-and-nutrition/Nutrition-basics/Causes-of-underweight-20130805

https://www.nestle.in/nhw/healthy-living/weight-management/are-you-too-thin

https://www.healthline.com/nutrition/how-to-gain-weight

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15466943