15 Apr 2019
  |  
Dilihat : 94 kali

Menurut Penelitian, Ternyata Minum Kopi Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Saat ini, kopi merupakan salah satu minuman favorit yang disukai masyarakat seluruh dunia. Penikmatnya pun memiliki usia yang beragam dari yang muda sampai yang tua. Kopi menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kopi setiap hari ternyata bisa memperkecil risiko terkena penyakit yang serius dan bahkan bisa membuat tubuhmu lebih sehat. Melansir dari website healthline.com, berikut ini manfaat kopi untuk kesehatan:

 

1. Dapat meningkatkan energi dan membuatmu menjadi lebih pintar

Berdasarkan penelitian yang terdapat di National Center for Biotechnology Information, kopi dapat menambah energi dan membuat tubuh menjadi tidak lelah. Hal tersebut terjadi karena kopi mengandung stimulan yang bernama kafein. Selain itu, ketika meminum kopi, darah akan membawa kafein ke bagian otak dan meningkatkan kinerja neuron di seluruh otak. Hal itulah yang membuat kafein bermanfaat untuk meningkatkan tingkat energi, suasana hati, dan berbagai aspek fungsi otak.

 

2. Membakar lemak

Ternyata kopi dapat membakar lemak sehingga badan kita tidak menjadi gemuk loh. Berdasarkan kafein secara spesifik dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang yang menderita obesitas dan 29% pada orang yang kurus. Jadi kalo ingin kurus, kita bisa mencoba minum kopi setiap hari. Namun yang perlu diingat, ternyata efek ini dapat berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

 

3. Dapat meningkatkan kinerja fisik secara drastis

Selain membakar lemak, kafein juga dapat meningkatkan level adrenalin di dalam tubuh. Adrenalin merupakan hormon yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang intens. Dengan adanya efek ini, tidak mengherankan bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja fisik dengan rata-rata sebesar 11–12%.

 

4. Mengandung antioksidan & nutrisi penting

Percaya atau tidak, ternyata kopi memiliki nutrisi penting seperti riboflavin (11% dari RDA atau jumlah nutrisi yang dibutuhkkan), asam pantotenat (6% dari RDA), mangan (3% dari RDA), kalium (3% dari AKG), magnesium (2% dari AKG) dan niacin (2% dari RDA). Selain nutrisi, kopi juga memiliki antioksidan yang sangat tinggi loh. Antioksidan merupakan zat yang mencegah atau menunda kerusakan sel, dan dapat memperlambat penuaan dengan melawan radikal bebas. Jadi jika kita mau punya kulit yang bagus dan tetap awet muda, kita bisa mengonsumsi kopi untuk mendapatkan asupan nutrisi dan antioksidan.

 

5. Dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes merupakan penyakit dengan jumlah penderita yang besar di dunia. Lebih dari sekitar 400 juta orang dewasa atau sekitar 8% dari populasi dunia menderita diabetes. Berdasarkan penelitian Para Ilmuwan National Institute of Public Health and the Environment (RIVM) Bilthoventhe Belanda, studi menunjukkan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko yang jauh lebih rendah terkena diabetes tipe II. Peserta dengan total konsumsi harian minimal tiga cangkir kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 sekitar 42%. Jika kamu ingin menghindari diabetes, kamu bisa mulai dengan minum kopi setiap harinya, tapi perlu diingat, jangan gunakan gula terlalu banyak yaa.

 

6. Dapat melindungi kita dari penyakit Alzheimer dan Dementia

Alzhemir merupakan penyakit yang dapat mempengaruhi ingatan, perilaku dan cara berpikir. Biasanya, gejalanya muncul secara perlahan dan dapat bertambah parah seiring berjalannya waktu. Penyakit ini jika semakin parah akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Alzheimer juga dapat menyebabkan dementia. Biasanya kedua penyakit ini diderita oleh orang yang berusia 65 tahun ke atas. Belum ada obat untuk menyembuhkan kedua penyakit ini.

 

Upaya yang dapat kita lakukan yaitu mencegah penyakit ini dengan memakan makanan sehat, berolahraga dan minum kopi. Berdasarkan penelitian yang terdapat di National Center for Biotechnology Information, meminum kopi sebanyak 3-5 gelas setiap hari dapat menurunkan risiko alzheimer dan dementia sekitar 65%.

 

7. Dapat melawan depresi dan membuatmu lebih bahagia

Depresi memiliki gejala yang memengaruhi cara berpikir dan perasaan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seperti tidur, makan, atau bekerja. Sekitar 20% wanita akan terpengaruh oleh depresi selama masa hidup mereka. Menurut penelitian di Harvard pada tahun 2011, perempuan yang meminum 4 cangkir kopi atau lebih dalam sehari mempunya risiko lebih kecil terkena depresi hingga 20%.

 

8. Dapat menurunkan risiko mengidap kanker jenis tertentu

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya di dunia dan sangat mematikan. Kopi dapat mengurangi risiko terkena penyakit dua jenis kanker, yaitu kanker hati dan kolorektal. Kanker hati adalah penyebab utama ketiga kematian akibat kanker di dunia, sementara kanker kolorektal menempati urutan keempat.

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kanker hati lebih rendah sampai dengan 40%. Selain itu, terdapat juga penelitian yang dilakukan pada 489.706 orang. Hasil penelitian itu menemukan bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko 15% lebih rendah dari kanker kolorektal.

 

Ternyata banyak juga yaa manfaat kopi untuk kesehatan mulai dari sumber nutrisi sampai mencegah berbagai penyakit. Idealnya minumlah 3-4 gelas sehari untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Tapi, kamu harus tau apakah kamu seseorang yang bisa meminum kopi atau tidak. Sebagian orang tidak bisa meminum kopi karena meminum kopi memberikan efek samping seperti menjadi cemas, panik, detak jantung yang menjadi cepat, tidak bisa tidur, sakit perut, dan pusing. Jika kamu merasakan gejala-gejala tersebut setelah meminum kopi, kurangilah konsumsi kopi atau berhenti meminum kopi.

 

https://www.loseweightbyeating.com/benefits-of-coffee/

https://www.caffeineinformer.com/7-good-reasons-to-drink-coffee

https://www.medicalnewstoday.com/articles/270202.php

https://www.healthline.com/nutrition/top-13-evidence-based-health-benefits-of-coffee#section14