02 Apr 2019
  |  
Dilihat : 43 kali

Trik Simpel Ini Dapat Membantu Kamu Mengurangi Rasa Cemas

Setiap orang pasti pernah merasa cemas, terlebih lagi ketika sampai pada titik pemicu tertentu. Tetapi ada beberapa orang yang merasakan cemas berlebihan loh. Mereka yang merasa cemas berlebihan biasanya mengidap gangguan kecemasan atau yang sering juga disebut sebagai anxiety disorder. Tetapi perlu diingat, seseorang bisa dikatakan mengidap gangguan kecemasan, apabila rasa cemas dan takut yang dialami mengganggu rutinitas dan aktivitas sehari-hari. Biasanya orang yang mengalami gangguan kecemasan akan merasa deg-degan, gelisah, berkeringat, nafas menjadi ngos-ngosan, tremor, sakit kepala, insomnia, lemah, lesu, sulit fokus, mudah marah dan beberapa gejala lainnya.

 

Jika kamu mengalami gangguan kecemasan, sangatlah penting mempunyai strategi untuk mengatasi atau mengurangi rasa cemas dan takut. Seperti yang dilansir dari healthline.com, kamu bisa coba beberapa trik simpel ini supaya kamu dapat mengurangi rasa cemas yang berlebihan.

 

1. Cobalah teknik Pernapasan secara lambat dan mendalam

Pernapasan yang lambat, dalam dan terkendali dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga dapat menimbulkan perasaan yang tenang dan relaks. Cara ini sangatlah mudah untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja, kamu bisa menarik nafas melalui hidung, hitung sampai 10, dan hembuskan dari mulut.

 

2. Kurangi mengonsumsi minuman mengandung kafein dan minumlah teh herbal

Pastikan jangan meminum minuman yang mengandung kafein. Kafein biasanya terkandung pada kopi, teh, coklat dan minuman energi. Kafein dengan dosis yang banyak dapat membuat rasa cemas yang kamu alami bertambah parah. Maka dari itu, minumlah teh herbal seperti teh lavender dan chamomile yang dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan, karena chamomile dan lavender tidak mengandung kafein sehingga dapat membuat tubuh kamu menjadi relaks.

 

3. Tuliskan di sebuah jurnal

Tuliskan semua kegelisahan dan tekanan yang ada di pikiranmu pada sebuah jurnal. Hal ini sangatlah baik karena kamu dapat mengeluarkan semua beban yang kamu rasakan.

 

4. Pergilah keluar sekedar untuk berjalan kaki. Jika ada waktu kamu bisa pergi berolahraga.

Segala jenis aktivitas fisik dapat merangsang otakmu untuk melepaskan endorphin yang membuatmu merasa senang. Jika kamu memiliki waktu, kamu bisa pergi ke gym atau mengikuti kelas senam seperti Zumba. Tapi kalau kamu tidak ingin pergi ke gym atau melakukan olahraga yang serius, lakukanlah kegiatan simpel seperti berjalan-jalan karena berjalan-jalan sama efektifnya dengan berolahraga.

 

5. Berbicara dengan temanmu

Bahkan jika kamu tidak meminta nasihat darinya, membicarakan hal-hal yang membuat kamu cemas dengan temanmu, dapat menyingkirkan beban yang ada di tubuhmu, sehingga rasa cemas itu pun dapat berkurang.

 

6. Dengarkan musik yang menenangkan atau musik favoritmu

Mendengarkan musik dapat membantu mengalihkan perhatianmu dari kecemasan yang kamu alami. Selain itu, musik juga membantu kamu dalam mengeksplorasi emosi sehingga bisa menjadi bantuan besar untuk meditasi, dan membantu mencegah pikiran yang kemana-mana.

 

7. Tertawa

Tertawa tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuhmu dan memperbaiki mood-mu, tetapi juga melepaskan lebih banyak endorfin yang mengurangi tingkat stress dan kecemasan. Carilah hal-hal yang membuatmu tertawa dengan menonton film atau video yang lucu, membaca komik ataupun chatting dengan orang yang membuatmu tersenyum.

 

8. Habiskan waktu dengan hewan peliharaanmu

Bermain dengan hewan peliharaan dapat melepaskan oksitosin, zat kimia otak yang dapat mendorong mood menjadi positif. Memiliki hewan peliharaan juga dapat membantu menghilangkan stress karena dengan merawat hewan peliharaan, perhatianmu akan teralihkan dari hal-hal yang membuatmu cemas sehingga kamu tidak lagi memikirkan hal-hal tersebut.

 

 https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-relieve-stress-anxiety#section1

https://www.webmd.com/anxiety-panic/anxiety-tips

https://www.psychologytoday.com/us/blog/anxiety-zen/201405/22-quick-tips-change-your-anxiety-forever

https://www.mind.org.uk/information-support/types-of-mental-health-problems/anxiety-and-panic-attacks/self-care-for-anxiety/