22 Mar 2019
  |  
Dilihat : 96 kali

Sulit Fokus dan Berkonsentrasi? Ayo Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Ungkapan “You are what you eat” yang dalam bahasa Indonesianya berarti “Kamu adalah apa yang kamu makan” merupakan ungkapan yang benar karena makanan akan mempengaruhi kesehatan kita dan kerja tubuh kita. Jika kita memakan makanan yang sehat dan bernutrisi maka tubuh kita akan selalu sehat dan fit. Makanan yang sehat dapat memberikan energi dan nutrisi bagi tubuh. Nutrisi dari makanan akan mempengaruhi setiap sel kecil di tubuh, mulai dari kulit, rambut otot, tulang, pencernaan, hingga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ternyata makanan juga dapat mempengaruhi kerja otak supaya kita dapat fokus dan berkonsentrasi loh. Apakah kamu salah satu orang yang sulit fokus dan berkonsentrasi? Jika iya, coba konsumsi makanan di bawah ini yang dapat meningkatkan kerja otak sehingga kita bisa lebih fokus dan berkonsentrasi:

  1. Blueberry

Menurut para ilmuwan Inggris, memakan semangkuk buah blueberry untuk sarapan dapat meningkatkan kosentrasi dan memori sampai dengan 5 jam. Selain semangkuk blueberry, kita juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman. Dari penelitian lainnya, orang yang minum smoothie blueberry di pagi hari dapat melakukan tugas mental yang jauh lebih baik di sore hari daripada orang-orang meminum minuman lain. Hal itu dapat terjadi karena flavonoid dalam blueberry dan buah beri lainnya dapat mengaktifkan enzim dalam tubuh yang disebut Enos. Aktifnya enzim enos dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Tanpa flavonoid dari blueberry, otak menjadi lelah seiring berjalannya hari sehingga kita akan lebih sulit berkonsentrasi.

 

  1. Green tea atau teh hijau

Selama berabad-abad, para biksu Cina dan Jepang minum the hijau sebelum meditasi mereka. Teh hijau dipercaya dapat membantu mereka untuk berkonsentrasi dan fokus untuk jangka waktu yang lama. Hal tersebut membuat para ilmuwan melakukan penelitian untuk melihat kandungan teh hijau dan mencari penjelasan logis. Peneliti menemukan bahwa minum 1-4 cangkir the hijau dalam sehari dapat meningkatkan konsentrasi, fokus dan kinerja mental.

 

Para peneliti menemukan dua kandungan teh yang dapat membantu kinerja otak yaitu kafein dan l’theanine. L’theanine adalah asam amino yang secara eksklusif dapat ditemukan di daun teh. L’theanine menstimulasi aktivitas otak alfa, sementara Kafein dapat menstimulasi pikiran dan tubuh. L’theanine juga dapat mengobati kecemasan dan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit Alzheimer, dan membuat obat kanker lebih efektif.

 

  1. Alpukat

Lemak sehat dalam alpukat dapat meningkatkan kinerja otak dan meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi. Alpukat juga terbukti dapat membantu penyerapan nutrisi dan mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan, kanker dan penyakit jantung.

 

  1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan kandungan antioksidan dan karotenoid yang dapat meningkatkan kekuatan otak, dan membantu melindungi otak. Sayuran berdaun hijau yang juga kaya akan vitamin B, terbukti mampu memperkuat memori, membuat kita lebih fokus, dan menjaga kesehatan dan kekuatan otak secara keseluruhan.

 

  1. Coklat hitam

Coklat hitam memiliki kadar gula yang lebih rendah dan kadar kakao yang lebih tinggi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menyimpulkan bahwa konsumsi kakao yang kaya akan flavonoid memiliki pengaruh positif pada kolesterol, tekanan darah, dan kesehatan otak. Coklat hitam mengandung kafein yang telah terbukti meningkatkan konsentrasi. Selain itu, cokelat hitam juga mengandung magnesium yang dapat membantu kita untuk menghilangkan stres, dan juga merangsang pelepasan endorfin dan serotonin yang dapat meningkatkan mood kita. Hanya dengan mengonsumsi sedikit coklat hitam setiap harinya, kita dapat menjadi lebih mudah untuk fokus dan berkonsentrasi.

 

  1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran mengandung antioksidan. Brokoli juga kaya akan vitamin K yang sangat bagus untuk otak. Berdasarkan penelitian yang dipublikasi di National Institutes of Health, orang dewasa yang mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin K yang banyak memiliki ingatan yang lebih baik. Selain vitamin K, brokoli mengandung sejumlah senyawa yang memberikannya efek anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan.

 

 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3648721/

http://www.dailymail.co.uk/health/article-1212579/A-bowl-blueberries-day-keeps-brain-active-afternoon.html

http://www.tching.com/2012/03/green-tea-helps-you-focus/

https://alifeofproductivity.com/9-brain-foods-that-will-boost-your-ability-to-focus/

https://www.forbes.com/sites/jennifercohen/2012/03/12/6-essential-foods-for-boosting-your-work-focus/#6a968b5f6058

https://www.health.com/food/10-foods-that-boost-concentration