14 Mar 2019
  |  
Dilihat : 11 kali

Buah yang Tepat Untuk Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Diabetes melitus adalah kondisi di mana tingkat kadar gula (glukosa) yang tinggi dalam darah. Jika Anda penderita diabetes tentunya Anda selalu memperhatikan kandungan gula yang terdapat di dalam makanan atau minuman, termasuk dalam buah. Apakah Anda masih bingung apakah penderita diabetes diperbolehkan untuk mengonsumsi buah atau tidak? Ternyata beberapa buah sangatlah bagus untuk penderita diabetes karena tidak mengandung kadar gula dan karbohidrat yang tinggi sehingga penderita diabetes tidak perlu khawatir ketika ingin mengonsumsi buah-buah tersebut. Selain itu, buah-buahan tersebut juga dapat memberikan asupan vitamin dan serat bagi tubuh. Berikut ini buah-buahan yang paling bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes:

 

1. Blueberry

Blueberry merupakan salah satu buah dengan gula yang rendah. Setiap 100gram blueberry mengandung 10 gram gula. Jumlah gula tersebut disertai juga dengan 2 gram serat. Hal itu sangatlah bagus bagi penderita diabetes karena ketika gula dan serat dimakan secara bersamaan, maka kandungan gula tersebut tidak akan membuat gula darah naik. Itu kenapa 10 gram gula dari buah-buahan segar tidak akan memiliki efek yang sama pada kadar gula darah seperti 10 gram gula dari permen.

 

Selain itu, blueberry mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat lainnya yang dapat melindungi sel-sel kita dari kerusakan. Menurut penelitian pada lebih dari 187.000 orang yang ditelusuri selama lebih dari dua dekade menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi blueberry lebih banyak, memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes sebanyak 25% dibandingkan mereka yang makan lebih sedikit.

 

2. Stroberi

Stroberi bahkan mengandung lebih sedikit gula daripada blueberry. Stroberi hanya mengandung 5 gram gula per 100 gramnya. Hal itulah yang membuat stroberi menjadi pilihan yang tepat untuk penderita diabetes. Stroberi juga mengandung serat, mangan, folat, dan banyak vitamin C. Bahkan, 100 gram stroberi (sekitar 5-6 stroberi besar) dapat menyediakan 98% kebutuhan vitamin C harian kita. Stroberi dapat dijadikan topping seperti ditambahkan pada oat atau yogurt, atau bisa juga dimakan langsung.

 

3. Anggur

Tidak seperti kedua buah sebelumnya, kadar gula pada anggur sedikit lebih besar yaitu sekitar 16 gram per 100 gram buah anggur. Tetapi dalam sebuah penelitian, orang yang memakan buah anggur lebih banyak, memiliki resiko 12% lebih kecil terkena diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang mengonsumsinya lebih sedikit. Hal tersebut dapat terjadi karena ada polifenol dalam anggur, yang telah terbukti memiliki efek positif pada kadar gula darah

 

4. Apel

Sebuah apel kecil mengandung sekitar 10 gram gula. Apel juga mengandung 2 gram serat yang sebagian besar terkandung dalam kulitnya. Seperti blueberry dan anggur, apel dapat menurunkan risiko diabetes. Bukan hanya itu, Apel ternyata dapat menurunkan risiko stroke diakibatkan oleh diabetes tipe 2. Hal tersebut terbukti dalam penelitian pada hampir 75.000 orang selama lebih dari 10 tahun. Peneliti menemukan bahwa mereka yang banyak memakan apel dan pir mempunya risiko lebih kecil terkena stoke hingga 11%.

 

5. Pepaya

Antioksidan dalam pepaya membuat buah ini menjadi pilihan yang tepat untuk penderita diabetes. Penderita diabetes rentan terhadap banyak penyakit, termasuk kerusakan jantung atau saraf yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tidak teratur. Pepaya dapat menghalangi kerusakan sel itu di masa depan untuk rentang hidup yang lebih lama.

 

6. Jeruk

Flavonol, flavanon, dan asam fenolik yang ditemukan dalam jeruk, telah menunjukkan kemampuan melindungi yang luar biasa, terutama pada penderita diabetes. Pada metabolisme glukosa, buah jeruk tidak hanya memperlambat pembaruan glukosa, tetapi juga menghambat pergerakan atau transportasi glukosa melalui usus dan hati, sehingga tidak akan membuat gula darah menjadi naik.

 

Itulah buah-buahan yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes, selain dapat memberikan vitamin dan serat yang dibutuhkan tubuh, buah-buah tersebut juga dapat menurunkan resiko penyakit lainnya.

 

Tapi hati-hati! Ada juga loh beberapa buah yang ternyata mengandung gula yang cukup tinggi sehingga berbahaya bagi penderita diabetes. Berikut ini merupakan buah-buah banyak mengandung gula:

 

1. Nanas

Menurut Livestrong, secangkir potongan nanas mengandung 19 gram karbohidrat bersih meskipun nanas mengandung sejumlah besar vitamin C, tiamin, dan mangan. Jika Anda penderita diabetes, batasilah konsumsi nanas karena kandungan karbohidratnya dan indeks glikemik yang tinggi dapat membuat gula darah menjadi naik.

 

2. Mangga

Memakan satu buah mangga sama dengan mengonsumsi sekitar 30 gram karbohidrat dan sekitar 26 gram gula tergantung pada ukurannya. Jika Anda memakan mangga, pastikan untuk membatasi porsi Anda hanya 1/2 buah. Pilihlah mangga yang sedikit keras karena semakin matang sebuah mangga maka indeks glikemiknya semakin tinggi sehingga gula darah pun akan naik.

 

3. Pisang

Sebuah pisang dengan ukuran sedang mengandung gula atau karbohidrat sekitar 30 gram. Karbohidrat dapat menaikkan kadar glukosa darah sehingga hal tersebut tidaklah baik bagi penderita diabetes. Jika Anda tetap ingin memakan pisang, disarankan untuk konsumsi 1/2 saja dan letakkan separuh lainnya di kulkas untuk dikonsumsi di lain waktu.

 

Setelah melihat buah apa saja yang dapat dimakan dan tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes, sekarang Anda dapat mengonsumsi buah tanpa khawatir lagi. Konsumsilah buah minimal 1 jenis buah perhari karena buah sangatlah bagus bagi kesehatan karena mengandung berbagai vitamin dan serat sehingga dapat membuat tubuh tetap sehat. Jika Anda penderita diabetes jangan lupa untuk melihat berapa jumlah buah yang harus dimakan setiap harinya.

 

 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3978819/

https://food.ndtv.com/health/10-diabetic-friendly-fruits-to-help-you-manage-diabetes-better-1269733

https://www.verywellhealth.com/fruits-to-avoid-if-you-have-diabetes-1087587