24 Nov 2018
  |  
Dilihat : 295 kali

12 Jurnalis Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Probolinggo, Jamkesnews - Sebagai bentuk apresiasi BPJS Kesehatan kepada para jurnalis media massa di Indonesia yang telah membantu mengedukasi masyarakat mengenaiProgram Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui pemberitaan, BPJS Kesehatan memberikan penghargaan kepada 12 jurnalis yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. 

“Media massa merupakan salah satu referensi yang paling banyak digunakan masyarakat untukmenggali informasi lebih dalam tentang manfaat JKN-KIS, prosedur pelayanan, hingga kinerja BPJS Kesehatan.Untuk itu, diperlukan dukungan dari media untuk mengedukasi masyarakat mengenai program JKN-KIS. Edukasi tersebut salah satunya dilakukan melalui berita. Jika beritanya jelas, komprehensif, dan berimbang, diharapkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya berpartisipasi dalam Program JKN-KIS meningkat,” jelas Direktur Teknologi dan Informasi BPJS Kesehatan Wahyuddin Bagenda dalam acara Anugerah Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2018, Kamis (22/11).

Wahyuddin mengatakan, media massa selaku salah satu unsur pembentuk opini publik, memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan implementasi Program JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan. Diperlukan wawasan dan pemahaman yang baik oleh seorang jurnalis tentang Program JKN-KIS, sehingga media massa dapat menyalurkan informasi dengan benar dan berimbang kepada masyarakat.

“BPJS Kesehatan terbuka terhadap masukan, ide, dan aspirasi dari media yang bermanfaat bagi pengembangan serta evaluasi Program JKN-KIS maupun BPJS Kesehatan. Di tengah arus informasi yang begitu pesat, sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga keberimbangan informasi dan memberantas hoax. Semoga ke depan makin banyak jurnalisme positif yang bisa mengawal jalannya Program JKN-KIS,” ungkap Wahyuddin. 

Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2018 yang digelar BPJS Kesehatan ini diikuti oleh 86 peserta dari berbagai media massa lokal maupun nasional di Indonesia. Jumlah karya yang masuk sebanyak 130 karya, terdiri atas 25 karya media cetak, 59 karya media online, 37 karya foto jurnalistik, dan 9 karya media televisi. Berikut nama-nama para pemenang Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2018:

Kategori Media Cetak

Juara 1        :    Heru Prayitnodari Radar Sampit dengan judul karya “Menularkan Kebaikan Melalui JKN

Juara 2        :    Febby Anggieta Pratiwidari Batam Pos dengan judul karya “Menyasar Nelayan, Sosialisasi hingga Wilayah Perbatasan

Juara 3        :    Irawan Sapto Adhidari Solo Pos dengan judul karya “Kejar Cakupan 100 Persen

 

Kategori Media Online

Juara 1        :    Siti Masudah Isnawati dari Suara Merdeka.com dengan judul karya “Mengejar Jaminan Kesehatan Semesta dengan Regulasi Pemda”

Juara 2        :    Erik Purnama Putra dari Republika Online dengan judul karya “KIS Jadi Pelindung Warga Bau TPST Bantargebang”

Juara 3        :    Eka Ahmad Sholichin dari Tribun Lampung Online dengan judul karya “Kelola Resiko Penyakit Kronis Lewat JKN Mobile”

 

Kategori Foto Jurnalistik

Juara 1        :    Muchtamir dari Koran Sindo dengan judul karya “Memandu Menggunakan Antrian Online JKN Mobile

Juara 2        :    Demitrius Wisnu Widiantoro dari Kompas dengan judul karya “Layanan Kesehatan di Pustu

Juara 3        :    M. Awaluddin Fajri dari Tribun Sumsel dengan judul karya “Daftar BPJS

 

Kategori Media Televisi

Juara 1        :    Ervan Wahzudin dari RTV dengan judul karya “Inovasi Berobat dalam Genggaman

Juara 2        :    Stefani Sirait dan Anto Morawa dari MNC TV dengan judul karya “Sarana Online BPJS, Digitalisasi Layanan Kesehatan

Juara 3        :    Widodo Setiawan dari NET TV Jawa Tengah dengan judul karya “Mobile JKN, Mempermudah Mendapatkan Layanan Kesehatan dengan Cepat”