29 Jan 2019
  |  
Dilihat : 436317 kali

Masyarakat Distrik Pyramid Jayawijaya Terima Langsung Kartu JKN-KIS

Jayawijaya, Jamkesnews - Menindaklanjuti Penandatanganan Kerjasama antara BPJS Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya tentang Penjaminan Kesehatan kepada masyarakat melalui Program Jaminan Kesehatan-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) maka di akhir bulan Januari 2019 dilakukan penyerahan Kartu JKN-KIS secara langsung kepada masyarakat di Distrik Pyramid, Senin (28/01).

Acara penyerahan kartu tersebut di berikan langsung oleh Bupati Jayawijaya kepada salah satu perwakilan masyarakat yang ada di Distrik Pyramid.

“Kita telah melakukan penandatanganan kemarin  dengan BPJS Kesehatan Cabang Wamena sebanyak 19.838 jiwa kita daftarkan. Hal tersebut yang kita realisasi kartunya hari ini dengan melakukan pembagian langsung ke masyarakat di lapangan, ini juga merupakan salah satu usulan dari masyarakat dalam bidang kesehatan,” ujar Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua.

Jhon juga berharap masyarakat yang ada di Kabupaten Jayawijaya termasuk di Distrik Pyramid selalu mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, tidak perlu mengeluarkan uang ketika sakit dengan menggunakan Kartu JKN-KIS yang dibagikan yang mana dibayarkan pemerintah melalui Anggaran Pendapatan Belanja  Daerah (APBD).

“Skema yg dilakukan oleh Pemerintah Daerah  Jayawijaya adalah skema Universal Health Coverage (UHC) jadi dimana 95% atau lebih penduduk dari suatu kabupaten khususnya  Kabupaten Jayawijaya ini terjamin oleh Program JKN-KIS,” ujar Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Wamena, Alwan Abdullah.

Dalam kesempatan itu pula Alwan menyampaikan apresiasi kepada segenap Pemerintah Daerah Kabupaten Jayawijaya beserta jajarannya yang telah berkontribusi menyukseskan Program Strategis Nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat ini. Disamping itu Alwan juga mengharapkan sinergitas serta dukungan penuh dari lintas sektoral termasuk Puskesmas, Klinik, Dokter Keluarga sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang nantinya menjadi ujung tombak pertolongan pertama bagi masyarakat terutama bagi masyarakat yang ada di pelosok begitu juga rumah sakit yang nantinya sebagai Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

“Pemerintah mengharapkan kedepan terjalin kerjasama yg baik dengan BPJS Kesehatan dan juga BPJS Kesehatan dapat melayani masyarakat kita dengan baik,” tutup Jhon seusai penyerahan Kartu JKN-KIS.

Tercatat hingga 31 Desember 2018 jumlah peserta yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS di wilayah Kantor Cabang Wamena sebesar 925.086 jiwa. Sementara untuk fasilitas kesehatan yang sudah bekerjasama sebanyak 105 FKTP dan 2 FKRTL. Distrik piramid sendiri memiliki FKTP berupa Pustu yang merupakan bagian  dari Puskesmas Asologaima. (TR/aa)