17 Jan 2019
  |  
Dilihat : 150392 kali

KOMITMEN KONAWE SELATAN DALAM MENDUKUNG PROGRAM JKN-KIS

Konawe Selatan, Jamkesnews - Bupati Konawe Selatan H. Surunuddin Dangga, S.T., M.M bersama dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari Hendra J Rompas, menandatangani perjanjian kerjasama di ruang kerja Bupati Konawe Selatan, terkait cakupan semesta Jaminan Kesehatan Nasional bagi penduduk Konawe Selatan, Rabu (16/01).

Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan salah satu Program Pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Tujuan Perjanjian Kerjasama ini adalah agar terwujud penyelenggaraan jaminan kesehatan secara menyeluruh yang baik dan optimal bagi penduduk Kabupaten Konawe Selatan dan dijadikan sebagai dasar dalam upaya pencapaian cakupan semesta jaminan kesehatan di Kabupaten Konawe Selatan.

”Kami sangat mengapresiasi dan mendukung Program JKN-KIS karena manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat, terutama untuk  masyarakat yang kurang mampu dan harus mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas maupun rumah sakit,” ungkap Surunuddin.

Bupati Konawe Selatan juga menambahkan bahwa, Kabupaten Konawe Selatan telah meningkatkan mutu layanan di fasilitas kesehatan dengan melengkapi berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan agar masyarakat dapat mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Kabupaten Konawe Selatan adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara. Sampai dengan 31 Desember 2018 Sebanyak 212.224 penduduk Kabupaten Konawe Selatan telah menjadi peserta JKN-KIS. Dan sebanyak 9.911 jiwa diantaranya adalah masyarakat yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan dengan segmen kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI APBD).

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dan komitmen dari Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan yang telah mendaftarkan masyarakatnya kedalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat, diharapkan kerjasama dan sinergi yang telah dibangun, dapat terus ditingkatkan sehingga dapat terwujud Indonesia yang lebih sehat,” ungkap Hendra.

Hendra juga menambahkan bahwa dukungan dan sinergi dari Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Konawe Selatan sangat diharapkan dalam menyukseskan Program JKN-KIS, sehingga penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang baik dan optimal dapat terwujud di Kabupaten Konawe Selatan. Para peserta segmen PBPU atau mandiri juga diharapkan dapat mendukung Program JKN-KIS dengan rutin membayar iuran tiap bulan, agar terhindar dari denda pelayanan akibat keterlambatan iuran. (in)