12 Jan 2019
  |  
Dilihat : 97 kali

Tingkatkan Akurasi Data, BPJS Kesehatan Curup Gelar Rekonsiliasi Jamkesda

Lebong, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup terus mengupayakan peningkatan kolektabilitas iuran untuk semua sektor. Tidak hanya dari sektor pendapatan Iuran Wajib PNS, Iuran Wajib Pemda , Iuran TNI/Polri, maupun iuran Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) yang iurannya dibayarkan setiap bulan, tetapi juga iuran melalui sektor Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang dibayarkan oleh Pemerintah Daerah. Hal ini tetap dilaksanakan demi terwujudnya keberlangsungan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Pada kesempatan kali ini, BPJS Kesehatan melakukan rekonsiliasi dengan Pemerintah Daerah Lebong melalui Dinas Kesehatan Lebong terkait iuran Jamkesda untuk penduduk Lebong. Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong Rachman hadir langsung menandatangani Berita Acara Rekonsiliasi Jamkesda di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, Jumat (11/01).

Di akhir tahun 2018, Pemerintah Daerah Lebong tercatat telah mendaftarkan sebanyak 19.042 jiwa penduduknya melalui Jamkesda dan ditahun ini Pemerintah Daerah Lebong berharap bisa menambah jumlah kuota penerima Jamkesda melalui anggaran APBD di tahun 2019.

“Kita sangat berharap akan adanya penambahan jumlah penduduk Kabupaten Lebong yang akan didaftarkan melalui Jamkesda yang iurannya dibayarkan melalui dana APBD Kabupaten Lebong. Mengingat kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting dimiliki oleh tiap orang. Akan lebih baik lagi jika setiap orang memiliki JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan,” ujar Rachman.

Setelah dilaksanakan rekonsiliasi, maka terdapat selisih kelebihan pembayaran yang dibayarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong. Setelah proses rekonsiliasi ini selesai maka akan segera dilaksanakan pengembalian dana sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Memang ada selisih pembayaran tapi jumlahnya hanya sedikit. Selanjutnya akan kita laksanakan pengembalian berdasarkan ketentuan yang berlaku. Selain dari pada itu, kita juga berharap di tahun ini akan ada penambahan jumlah peserta JKN-KIS yang didaftarkan melalui Jamkesda demi percepatan Universal Health Coverage di Kabupaten Lebong," ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Curup Ahmad Saibul Wapa.

Selain membahas mengenai rekonsiliasi, pertemuan kali ini juga merupakan salah satu bentuk silaturahmi antara BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong agar terwujud kerja sama yang baik demi peningkatan kualitas Program JKN-KIS di Kabupaten Lebong. (RW/ds)