12 Jan 2019
  |  
Dilihat : 78 kali

Utamakan Kenyamanan Peserta, BPJS Kesehatan Resmikan Kantor Baru

Palembang, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Bengkulu BPJS Kesehatan resmikan Kantor baru, Jumat (11/1). Kantor Kedeputian ini diresmikan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris dan Gubernur Sumsel Herman Deru.

Turut hadir dalam peresmian tersebut sejumlah anggota DPR RI, instansi vertikal Provinsi Sumsel, pimpinan RS se-Sumsel, Ketua DPRD Sumsel, perwakilan fasilitas kesehatan dan badan usaha yang ada di Sumsel.

Dengan peresmian tersebut maka kantor Kedeputian Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Bengkulu BPJS Kesehatan yang sebelumnya beralamatkan di Jalan R. Soekamto 8 Ilir Palembang, berpindah ke Jalan Kol. H. Burlian RT 02 RW 01 Srijaya Alang-alang Lebar Palembang.

Dalam sambutannya, Fachmi mengatakan diharapkan dengan Kehadiran lokasi baru ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) saat berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan urusan administratif.

“Dengan berpindahnya kantor kedeputian Wilayah Sumsel, Kepulauan bangka belitung dan bengkulu ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja demi mendukung Program JKN-KIS dan dapat meningkatkan kepuasan peserta di Kantor Cabang Palembang,” ujar Fachmi.

Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan dengan peresmian kantor baru ini mampu meningkatkan pelayanan yang prima untuk seluruh lapisan masyarakat Sumsel. Gubernur juga mengimbau kepada masyarakat yang belum terdaftar, untuk segera menjadi peserta BPJS Kesehatan, karena banyak sekali manfaat yang akan diperoleh khususnya dibidang kesehatan.

"Ke depan kami akan membuat surat edaran untuk perusahaan-perusahaan yang ada di Sumsel, agar mendaftarkan seluruh karyawannya menjadi Peserta BPJS Kesehatan,” kata Herman.

Kedeputian Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Bengkulu BPJS Kesehatan membawahi tiga provinsi yaitu Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Bengkulu. Dari tiga provinsi tersebut terdapat 6 (enam) Kantor Cabang BPJS Kesehatan yaitu kantor cabang Palembang, Pangkal Pinang, Prabumulih, Lubuk Linggau, Bengkulu, dan Curup, dengan jumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebanyak 1.285 faskes dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) 108 faskes.

Adapun cakupan peserta BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Bengkulu ) sampai dengan Januari 2019 telah mencapai 74,32% dari jumlah penduduk wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Bengkulu. Sedangkan khusus untuk wilayah Sumsel, jumlahnya mencapai 72 % atau sebanyak 5.911.195 jiwa dari total penduduk 8.181.312 jiwa. (RW/md)