11 Jan 2019
  |  
Dilihat : 62 kali

Sebelum Tanda Tangan PKS, Perlu Sosialisasi Isi PKS dengan Fasilitas Kesehatan

Jayapura, Jamkesnews – Mengawali tahun 2019, dukungan terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus ditunjukkan oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) wilayah Kantor Cabang Jayapura diantaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom yang datang untuk mengikuti pertemuan Sosialisasi Pemahaman isi Perjanjian Kerjasama (PKS) FKTP Tahun 2019, Kamis, (10/01).

BPJS Kesehatan yang bermitra dengan FKTP, haruslah memberikan pelayanan terbaik bagi peserta JKN-KIS.

“Sebelum penandatanganan PKS antar FKTP dengan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura dilakukan sosialisasi pemahaman terlebih dahulu, untuk memenuhi isi perjanjian kerjasama yang tertuang dalam PKS atau dasar hokum atas kemitraan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019,” ujar  Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah.

Djamal menambahkan Program JKN-KIS adalah program strategis nasional artinya kita semua baik BPJS Kesehatan, maupun stakeholder terkait, termasuk peserta itu adalah bagian yang menyelenggarakan program ini.

Setelah hasil evaluasi pelayanan kesehatan selama tahun 2018 di FKTP, ternyata sebagian besar FKTP memberikan pelayanan kesehatan sudah cukup baik sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Salah satu Dokter Praktik Perorangan (DPP) yang mengikuti kegiatan, dr. J.V Purwoatmodjo Gunawan menyampaikan bahwa untuk pelayanan kesehatan di tahun 2019 akan terus memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal, apalagi tahun 2019 merupakan tahun Universal Health Covarage (UHC) bagi Program JKN-KIS.

“Saya bersama rekan DPP, berharap degan adanya penandatangan Berita Acara Kesepakatan ini maka kami siap akan terus memberikan pelayanan kesehatan yang mendukung Program JKN-KIS,”kata dr. J.V Purwoatmodjo Gunawan yang bertempat praktek di daerah Kota Jayapura.

Mengingat kembali tentang regulasi terbaru yaitu Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan ini menyempurnakan 4 Peraturan Presiden sebelumnya. Harapannya FKTP juga ikut mensosialisasikan kepada peserta, jadi tidak hanya tugas dan tanggung jawab BPJS Kesehatan saja, namun tugas kita bersama,’’ ungkap Djamal

“Saya bersama tim mengucapkan terimakasih kepada seluruh FKTP atas kerjasama yang baik selama ini. Tentu kami menyadari masih banyak yang perlu sama-sama kita dibenahi agar pelayanan bagi peserta JKN-KIS semakin baik kedepannya,” tutup Djamal. (TR/jr)