10 Jan 2019
  |  
Dilihat : 102 kali

Malas Ngantri Di Kantor Cabang? Aplikasi Mobile JKN Aja

Denpasar, Jamkesnews - Memberikan informasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada masyarakat luas merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan BPJS Kesehatan, salah satu caranya adalah melaksanakan dialog interaktif dengan masyarakat terkait kepesertaan dan pelayanan kesehatan di LPP RRI Denpasar pada Kamis (10/01). 

Dalam kesempatan itu  Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta I Wayan Mastika Arsa Wibawa menjelaskan BPJS Kesehatan senantiasa memberikan layanan yang prima bagi peserta JKN-KIS. Berbagai inovasi pun diciptakan BPJS Kesehatan untuk memberi kemudahan dan kepuasan bagi peserta, salah satunya adalah aplikasi Mobile JKN. 

"Aplikasi Mobile JKN memberi kemudah dan dapat mengurangi  keluhan masyarakat terkait antrian  di Kantor BPJS Kesehatan, karena dengan adanya Mobile JKN-KIS ini pelayanan terkait kepesertaan sudah bisa ada dalam genggaman seperti  mengecek status kepesertaannya, mengecek tagihan, mengecek riwayat kesehatan, dan merubah FKTP yang akan aktif pada tanggal 1 dibulan berikutnya," ujar Mastika.

Warga Denpasar pun sangat senang dengan kegiatan ini karena mereka menjadi lebih paham akan program JKN- KIS. "Sekarang saya jadi tahu tidak usah cape-cape datang ke kantor BPJS Kesehatan, karena dengan aplikasi Mobile JKN administrasi pelayanan dan informasi dengan mudah bisa didapatkan. Saya juga melihat semakin hari pelayanan BPJS Kesehatan semakin baik," ungkap Made salah satu peserta yang menyimak acara tersebut.

Mastika lebih lanjut menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan tidak pernah membeda-bedakan peserta baik itu kelas 1, 2 atau 3, siapapun peserta dan apapun latar belakangnya kita wajib melayani semua peserta dengan baik. "Kami selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk peserta, demikian juga rumah sakit selalu kami koordinasikan untuk terus berkomitmen  melayani Peserta JKN-KIS sesuai prosedur yang berlaku. Jika ada keluhan, peserta kami sarankan untuk langsung menelepon ke Care Center kami  di 1500400 atau dapat juga melalui aplikasi mobile JKN," ungkapnya.

Dalam mengakses pelayanan kesehatan sekarang peserta JKN-KIS juga sudah sangat dimudahkan dengan adanya rujukan online. Apabila peserta berobat ke FKTP dan tidak bisa ditangani di FKTP maka peserta tersebut akan dirujuk ke Rumah Sakit yang muncul pada aplikasi online di FKTP. Pada saat peserta datang ke rumah sakit diharapkan membawa rujukan dari FKTP disertakan dengan kartu JKN-KIS yang aktif dan diharapkan menggunakan hak sesuai dengan kelasnya. 

Program JKN-KIS merupakan program mulia dari pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat di bidang kesehatan. Besar harapan dengan gencarnya sosialisasi dari BPJS Kesehatan, semua masyarakat tergugah hatinya turut serta mendukung dan bergotong–royong untuk membantu masyarakat lainnya yang sedang sakit, terutama sebagai proteksi bagi diri dan keluarganya ketika sewaktu-waktu sakit. (ay/ek)