10 Jan 2019
  |  
Dilihat : 173 kali

TIM KENDALI MUTU KENDALI BIAYA, TIM AHLI PEMANTAU LAYANAN KESEHATAN

Palu, Jamkesnews - Sebagai lembaga independen, Tim Kendali Mutu Kendali Biaya (Tim KMKB) diberi mandat untuk melaksanakan upaya kendali mutu dan kendali biaya dalam rangka menjamin terselenggaranya pelayanan kesehatan yang bermutu dan cost-effective bagi peserta JKN-KIS. Inti dari pelayanan kesehatan ini adalah pelayanan medik, dan hal ini erat kaitannya dengan standar sarana, standar pelayanan medis, standar kompetensi, serta kehandalan dan perilaku para pemberi pelayanan.

Pelayanan medis yang tidak dilaksanakan dengan semestinya dapat menyebabkan pelayanan berlebihan (Overuse) yang menghamburkan biaya, pelayanan tidak cukup (underuse) yang merugikan pasien dan dapat pula menyebabkan kesalahan medik (medical error) yang berdampak pada keselamatan pasien.

Tim KMKB Cabang Palu yang dibentuk mewakili masyarakat yang terdiri dari organisasi profesi dan fasilitas kesehatan, telah melakukan pertemuan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palu, Rabu  (09/01) dan mengagendakan pelaksanaan audit medis di RSUD Mokoyurli  Kabupaten Buol pada tanggal 13 Januari 2019 nanti. Tim akan melakukan pemeriksaan pelaksanaan pelayanan dibandingkan dengan standar prosedur yang berlaku tentunya bekerjasama dengan Komite Medik Rumah Sakit.

Untuk melaksanakan tugas dan fungsinya, Tim KMKB tentu membutuhkan peran pihak-pihak terkait, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Palu , Inrie E.F Lombok menambahkan bahwa dia siap memfasilitasi kebutuhan Tim KMKB Cabang Palu antara lain data pelayanan kesehatan rumah sakit yang diminta untuk kebutuhan review. “Dari hasil review itulah sehingga diputuskan melaksanakan audit medis ini,”  jelas Inrie

“Tim ini bertujuan mulia yaitu untuk memantau mutu pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS dan kinerja fasilitas kesehatan maupun BPJS Kesehatan. Diharapkan keduanya bisa bekerja sesuai dengan pedoman yang ada, demikian juga kesamaan perspektif dalam melihat aturan yang ada dalam pelayanan medis juga diperlukan, karena itulah diperlukan pertemuan dan bertemu bukan sebagai kubu tetapi mencari titik temu. Kuncinya adalah komunikasi’ ujar ketua TKMKB Cabang Palu A Wahyudi Pebabbari yang ditemui tim Jamkesnews usai rapat kordinasi.

Audit Medis adalah pemeriksaan atau peninjauan prosedur medis secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan hasil pelayanan pasien melalui peninjauan terstruktur dimana praktik medis, prosedur medis dan hasilnya diperiksa dan dibandingkan dengan standar prosedur medis baku yang disepakati. Dengan demikian Audit Medis menciptakan keterbukaan komunikasi antar profesi medis dalam membahas masalah yang terkait dengan upaya meningkatkan mutu pelayanan untuk sebesar-besarnya kepentingan pasien.

Fokus pelaksanaan ini adalah pada pembinaan, bukan untuk mencari penyimpangan. Kami tidak datang untuk menghakimi, tidak kontroversial, tidak mencari-cari kesalahan” tutup Wahyudi. (tm/fc)