10 Jan 2019
  |  
Dilihat : 253 kali

e-Klaim Permudah Proses Penagihan Klaim RS

Tomohon, Jamkesnews -  Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) menyatakan bahwa prinsip pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional adalah kesetaraan (equity) dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan serta efektif dan efisien dalam operasionalisasinya. Prinsip kendali mutu dan biaya harus diterapkan secara utuh di setiap tingkatan pelayanan mengingat adanya karakteristik pelayanan kesehatan yang berpotensi untuk menyebabkan terjadinya inefisiensi. Salah satu upaya yang telah disepakati seluruh pemangku kepentingan untuk dijalankan oleh BPJS Kesehatan adalah melakukan penerapan model pembayaran prospektif.

Sebagai langkah koordinasi dan komunikasi efektif dengan fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan Kantor Kota Tomohon kerap melakukan supervisi. Pada supervisi yang dilakukan, terdapat pemandangan berbeda di ruang administrasi Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon.  Sebelumnya, pada ruangan tersebut terdapat berkas klaim dengan jumlah yang banyak dan sehingga ruangan terkesan kurang rapi dan bertumpuk. Namun saat implementasi e-Klaim sudah jauh berbeda. Adanya implementasi e-Klaim mewajibkan setiap rumah sakit memiliki mesin scanner yang ditempatkan di meja petugas pengklaiman untuk menunjang proses e-Klaim.

Sebagai fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam program JKN-KIS, Rumah Sakit Gunung Maria sangat mendukung pelaksanaan elektronik klaim karena dengan adanya system ini justru membuat rumah sakit akan lebih efisien dalam pembiayaan. “Dulu dalam setiap pengajuan klaim kami harus menyiapkan biaya lebih untuk meng-copy semua berkas yang akan di ajukan klaimnya ke BPJS tapi sekarang hal tersebut sudah tidak diperlukan lagi.” Ujar Kepala Bagian Keuangan Rumah Sakit Gunung Maria Suster Ester saat ditemui tim Jamkesnews, Selasa (08/10).

Menurutnya, hal ini seharusnya menjadi perhatian khusus bagi semua rumah sakit karena justru menguntungkan faskes dengan diberlakukan e-klaim. Dengan mulai diberlakukan system e-klaim maka tumpukan berkas pasien yang begitu banyak sudah tidak diperlukan kembali karena yang cukup dilaporkan ke BPJS Kesehatan hanyalah file scan berkas pendukung klaim dalam sebuah flash drive saja.

Kepala Kantor Kota Tomohon Ikya Ulumudin menyatakan dengan implementasi e-Klaim proses verifikasi juga menjadi lebih mudah tanpa perlu membongkar tumpukan berkas. Hanya dengan melihat file scan per pasien yang telah diatur per tanggal pelayanan dapat mempercepat proses verifikasi. Dengan adanya e-klaim menjadikan system penyimpanan arsip secara digital bukan manual lagi dan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan maka sangat mempermudah dalam pencarian dan pengolahan data.

“Dengan berjalannya proses e-klaim ini tentunya juga harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang mumpuni di masing-masing rumah sakit karena memang dari sisi pemberkasan menjadi lebih efisien namun para petugas baik internal BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan dituntut lebih teliti dan jeli dalam mengolah data hasil e-klaim untuk menunjang proses verifikasi.” Tutup Ikya. (tm/ap)