17 Des 2018
  |  
Dilihat : 227159 kali

Belitung Timur Wujudkan Cakupan Kesehatan Semesta di Negeri Laskar Pelangi

Manggar, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang bersama Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menandatangani Perjanjian Kerja Sama Universal Health Coverage dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat. Kegiatan penandatanganan ini bertempat di Halaman Gedung Kantor Bupati Belitung Timur, Senin (17/12). Kegiatan yang dihadiri oleh Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza, Sekretaris Daerah Ikhwan Fahrozi, Kepala BP4D Peris Nainggolan dan Kepala Dinas Kesehatan Muhammad Yulhaidir dan pihak BPJS Kesehatan dihadiri oleh Deputi Direksi Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu, Erna Wijaya Kesuma, Asisten Deputi Bidang Monev Cecep Heri Suhendar, Plh. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang Adian Fitria dan Kepala Kabupaten Timbul Samosir.

Pada kesempatan tersebut, Deputi Direksi Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu menyampaikan apresiasi atas komitmen dari pihak pemerintah kabupaten Belitung Timur yang mendukung penuh cakupan kesehatan semesta dalam Program JKN-KIS.

“Selama lebih dari empat tahun sejak 2014 lalu, telah diselenggarakan program JKN-KIS yang kepesertaannya terbuka bagi seluruh rakyat Indonesia baik yang mampu maupun yang tidak mampu secara finansial. Hingga kini jumlah kepesertaan JKN- KIS telah mencapai 207.834.315 jiwa dari seluruh Indonesia,” ujar Erna dalam sambutannya.

Erna yakin perlindungan Program JKN-KIS akan semakin luas dirasakan oleh masyarakat Indonesia khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan adanya komitmen yang kuat dari pemerintah daerah. "Diharapkan dengan adanya penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Universal Health Coverage yang kita laksanakan hari ini, dapat menstimulasi cakupan kepesertaan semesta bagi seluruh penduduk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya Kabupaten Belitung Timur," tambah Erna.

Sementara itu Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza menyampaikan syukurnya atas kepesertaan masyarakat Belitung Timur dalam BPJS kesehatan. “Tanda syukur ini saya haturkan atas tercapainya 95.60% kepesertaan masyarakat Belitung Timur dalam Program JKN-KIS hingga mencapai Universal Health Coverage (UHC), tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kami," ujar Yuslih

Yuslih juga menyampaikan kelebihan dari UHC adalah setelah mendaftar BPJS Kesehatan bisa digunakan hari itu juga, dengan adanya perkembangan seperti itu mudah-mudahan masyarakat Belitung Timur lebih mudah lagi mendapatkan pelayanan kesehatan. Ia juga mengatakan hal ini merupakan wujud komitmen dari Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dalam memberikan kepastian jaminan kesehatan bagi warganya tanpa terkecuali. (rw/sa)