13 Des 2018
  |  
Dilihat : 334113 kali

Lewat OSR, BPJS Kesehatan Kediri Wujudkan Good Governance

Kediri, Jamkesnews - Dalam rangka memenuhi tanggung jawab sosial organisasi terhadap lingkungan, BPJS Kesehatan Cabang Kediri menyerahkan bantuan kepada Panitia Renovasi Musholla Komando Distrik Militer (Kodim) 0809 Kediri, Kamis (13/12). Melalui Organization Social Responsibility (OSR) yang diterima langsung oleh Komandan Kodim ini, BPJS Kesehatan berupaya berkontribusi dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dengan cara mendukung penyediaan sarana dan prasarana ibadah umum.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kediri Yessi Kumalasari menyampaikan bahwa OSR ditujukan sebagai salah wujud salah satu prinsip tata kelola yang baik (good governance), yaitu perhatian terhadap Kepentingan Umum.

“Keberhasilan BPJS Kesehatan tidak terlepas dari hubungan yang harmonis dengan masyarakat. Untuk itu secara hukum, sosial, moral serta etika kami memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk berkontribusi dalam pembangunan. Salah satu aspek peningkatan kualitas hidup masyarakat adalah melalui penyediaan sarana ibadah yang memadai. Tahun ini kami ada dua program yaitu bantuan untuk rumah ibadah ini dan juga penyerahan buku dan rak buku kepada perpustakaan Taman Pendidikan Al-Quran di daerah Mrican,” ujar Yessi.

Pada kesempatan yang sama Komandan Kodim 0809 Kediri Dwi Agung Sutrisno, menyampaikan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan. Agung mengungkapkan bahwa hingga saat ini beberapa donatur telah menyampaikan bantuan kepada panitia renovasi sehingga kegiatan pembangunan terus berjalan.

“Alhamdulillah material diperkirakan sudah cukup semua. Kita tinggal jalan saja. Pembangunan ini kan sifatnya perluasan bangunan. Kemarin memang kalau prajurit Kodim sholat di sini semua nggak muat. Apalagi ada masyarakat umum juga. Dengan renovasi ini kita perkirakan musholla nantinya cukup untuk mengakomodir semua prajurit dan masyarakat yang melaksanakan kegiatan keagamaan di sini,” ujar Agung.

Selain memberikan bantuan dalam bentuk OSR, BPJS Kesehatan juga memiliki program penerimaan bantuan dari stakeholder dalam bentuk lain bernama Donasi JKN-KIS. Melalui program tersebut, stakeholder dapat mendaftarkan dan membayarkan iuran Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS ) bagi keluarga tidak mampu yang belum terdaftar sebagai JKN-KIS. Sebagai contoh, pada tahun 2017 lalu Klinik Surya Kediri telah melakukan pendaftaran dan pembiayaan JKN-KIS atas 90 jiwa penduduk selama satu tahun. Hingga kini BPJS Kesehatan terus membuka kesempatan bagi stakeholder yang ingin berbagi dengan sesama melalui program Donasi JKN-KIS. (ar/sw)