05 Des 2018
  |  
Dilihat : 45 kali

Meski Miliki Jaminan Lain, Pensiunan Tetap Daftar JKN-KIS

Gresik, Jamkesnews - Menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan kewajiban bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI). Hal tersebutlah yang membuat Ikatan Keluarga Pensiunan Listrik Negara (IKPLN) PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) Cabang Gresik mengundang BPJS Kesehatan Cabang Gresik untuk dapat memberikan sosialisasi dan membuka pendaftaran untuk anggotanya di PJB University Gresik, Rabu (05/12).

Menurut Ketua IKPLN PJB Cabang Gresik Zainuri, dengan hadirnya BPJS Kesehatan Cabang Gresik, diharapkan badan hukum publik tersebut dapat memberikan informasi yang jelas sehingga tidak ada kebingungan di masyarakat, khususnya anggota IKPLN PJB Cabang Gresik.

“Kita ingin agar anggota IKPLN PJB Cabang Gresik ini tidak hanya mendaftar sebagai peserta, tetapi juga memahami hak dan kewajibannya serta pentingnya JKN-KIS.” tutur pria yang telah pensiun dari PJB sejak tahun 2011 lalu tersebut.

Zainur juga menuturkan bahwa organisasi yang dipimpinnya sangat mendukung Program JKN-KIS yang di kelola oleh BPJS Kesehatan. Hal tersebut juga sejalan dengan arahan dari PLN Pusat yang sudah memberikan arahan agar mendaftar menjadi peserta JKN-KIS. Padahal menurut Zainur, dirinya dan rekan-rekan IKPLN PJB tetap mendapatkan jaminan kesehatan dari perusahaan meskipun telah tidak bekerja.

“Ini kan sudah ketentuan perundang-undangan, jadi tidak masalah. Prinsipnya memang gotong royong dan hitung hitung amal. Bagus malah jika tidak dipakai, jadi iurannya bisa untuk membiayai peserta JKN-KIS lain yang membutuhkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik Greisthy Borotoding sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan IKPLN PJB Cabang Gresik. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh IKPLN PJB Cabang Gresik dapat di ikuti oleh masyarakat atau kelompok lain yang ada di Gresik dan Lamongan.

“Kami sangat senang apabila masyarakat meminta kami untuk datang langsung melakukan sosialisasi ataupun membuka stand pendaftaran. Masyarakat juga bisa daftar atau mencari informasi melalui Mobile JKN atau menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400," kata Greisthy

Ia menyampaikan, di luar permintaan khusus tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Gresik selalu melakukan sosialisasi ke berbagai elemen masyarakat. Seetiap minggu tim BPJS Kesehatan setempat juga membuka layanan Mobile Customer Service yang siap datang ke desa-desa atau tempat tempat ramai di Gresik untuk memudahkan pendaftaran. (ar/rp)