30 Mei 2018
  |  
Dilihat : 10268 kali

Terima UHC Award, Kabupaten Belitung Makin Terpacu Tingkatkan Pelayanan

Pangkalpinang, Jamkesnews – Program JKN-KIS merupakan salah satu Program Strategis Nasional Pemerintah yang tercantum dalam Nawacita Presiden Joko Widodo ke-5. Kesuksesan Program JKN-KIS tidak lepas dari peran berbagai pemangku kepentingan khususnya peran Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, sebagai wujud apresiasi Pemerintah kepada daerah yang berhasil mewujudkan Universal Health Coverage di wilayahnya lebih awal sebelum tahun 2019, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahyo Kumolo memberikan apresiasi kepada 4 Provinsi, 120 Kabupaten dan Kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Penyerahan penghargaan UHC oleh Menteri Dalam Negeri ini kepada Gubernur, Bupati dan Walikota setelah acara Penghargaan UHC JKN-KIS 2018 di Istana Negara yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (23/05).

Salah satu kabupaten yang telah meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) award adalah Kabupaten Belitung. Kabupaten Belitung merupakan satu-satunya kabupaten perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berhasil mewujudkan Universal Health Coverage lebih awal sebelum tahun 2019. Penghargaan UHC Award ini diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo kepada Pjs Bupati Belitung Sahirman Jumli. Turut hadir menyaksikan kegiatan pemberian penghargaan tersebut, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu Erna Wijaya Kesuma dan Plh. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang Adian Fitria.

Dalam kesempatan tersebut, Adian menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Belitung atas penghargaan yang telah diraih. ”Kami ucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Belitung yang telah meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC).” ujar Adian. Kemudian Adian menambahkan bahwa sejak bulan Januari 2018, cakupan kepesertaan di Kabupaten Belitung telah mencapai lebih dari 95 persen. “Sesuai data per Januari 2018, Pemerintah Kabupaten Belitung telah mencatatkan jumlah kepesertaan warganya sebagai peserta JKN-KIS sebanyak 95,77 persen.” tambah Adian.

Dengan adanya Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Program JKN-KIS 2018 diharapkan dapat menularkan semangat menuju cakupan kesehatan semesta untuk daerah yang belum UHC. “Ke depan kami berharap agar penghargaan ini menjadi trigger atau pemicu  pemerintah kabupaten lainnya untuk bersama sama mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) Program JKN-KIS di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.” tutup Adian.

Ditempat yang sama, Pjs. Bupati Belitung, Sahirman menyampaikan bahwa Kabupaten Belitung menjadi salah satu yang terbaik dari 500 kabupaten/kota di Indonesia dan lebih cepat dari target nasional.

“Dari 514 kabupaten/kota ini se-Indonesia, Belitung masuk 90 terbaik dan lebih cepat dari target nasional.” ujar Sahirman.

Sahirman menambahkan bahwa kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Belitung harus dijaga dan jangan terlena atas prestasi yang telah dicapai. “Kita berharap kedepan kepesertaan BPJS Kesehatan yang sudah 97 persen terus dijaga dan ditingkatkan, prestasi yang telah dicapai jangan sampai membuat kita terlena,” ucap Sahirman.

Sampai saat ini Kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Belitung mencapai 155.109 jiwa atau 98,86% dari total penduduk Kabupaten Belitung sebesar 156.892 jiwa. (rw/sa)