25 Mei 2018
  |  
Dilihat : 6976 kali

Lansia Ramai-Ramai Ikuti Lomba Senam Prolanis Kabupaten Bangli

Bangli, Jamkesnews - Program Promotif Preventif sangat penting dilakukan oleh siapa saja untuk tetap mempertahankan dan menjaga kesehatannya. Promotif preventif adalah salah satu kegiatan unggulan dalam JKN yang dilaksanakan dalam bentuk promosi melalui edukasi dan kegiatan-kegiatan pemeriksaan kesehatan dan senam yang bertujuan untuk melakukan pencegahan dengan cara pengelolaan peserta JKN-KIS penderita penyakit kronis antara lain diabetes mellitushipertensi, jantung, asma.

Menjawab kebutuhan dan manfaat yang akan diperoleh peserta melalui kegiatan promotif preventif ini maka BPJS Kesehatan Cabang Klungkung melaksanakan lomba senam Prolanis di Wantilan Puri Agung Kabupaten Bangli, Jumat (18/05). Senam yang  diikuti oleh 9 klub Prolanis bentukan BPJS Kesehatan yang dikelola oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kerja sama BPJS Kesehatan di Kabupaten Bangli Mendapat respon yang sangat baik dari peserta. 

Tidak hanya itu, selain lomba senam peserta juga mendapatkan edukasi kesehatan dari salah satu dr. spesialis RSUD Bangli I Made Dwija Suarjana tentang hipertensi dan diabetes melitus. Sebelum lomba dimulai, peserta juga diajak melaksanakan  senam sehat bersama yang diikuti seluruh peserta yang hadir, yang didominasi para lansia.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung, Endang Triana Simanjuntak pada saat pembukaan acara, menyampaikan harapannya agar semakin banyak peserta JKN KIS dan juga masyarakat yang menyadari pentingnya program promotif preventif BPJS Kesehatan ini sehingga khususnya bagi peserta penderita penyakit kronis dapat mengelola kesehatannya dengan baik dan mendapatkan manfaat bukan hanya secara kuratif.

“Penyakit-penyakit kronis ini tidak bisa disembuhkan tetapi dapat dikelola agar selalu stabil dengan cara melakukan kegiatan promotif preventif seperti ini, kami ingin mereka (peserta) tidak memaknai acara hanya untuk mencari pemenang lomba, tetapi lebih kepada bagaimana mengelola dan menjaga kesehatan. Dan ternyata itu berhasil  buktinya semua peserta yang hadir sangat semangat dan rata-rata dari mereka adalah para lansia yang umurnya di atas 60 tahun namun nampak sehat dan bersemangat,” jelas Endang.

Lebih lanjut juara dalam kegiatan ini nantinya akan mewakili Prolanis BPJS Kesehatan di Kabupaten Bangli untuk mengkuti lomba senam Prolanis tingkat Cabang di BPJS Kesehatan Cabang Klungkung yang akan dilaksanakan pada bulan Juni dalam rangka menyambut HUT BPJS Kesehatan ke-50. (ay/gw)