14 Jan 2020
  |  
Dilihat : 85 kali

Kader JKN Jakarta Pusat Siap Arungi Tahun 2020 Dengan Penuh Semangat

Jakarta Pusat, Jamkesnews – Memasuki tahun 2020 yang dijadikan sebagai tahun pelayamam dam kepuasan peserta, BPJS Kesehatan Cabnag Jakarta Pusat mengumpulkan para Kader JKN wilayah kerja Jakarta Pusat untuk mengevaluasi hasil kerja di tahun sebelumnya, Senin (13/01). Bertempat di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat itu juga dilakukan untuk memberikan informasi terkini seputar Program JKN-KIS, mulai dari penyesuaian iuran JKN-KIS hingga inovasi-inovasi mengenai penyelenggaraan Program JKN-KIS.

Keberadaan Kader JKN telah memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS. Lewat fungsinya, Kader JKN selalu siap melakukan tugasnya untuk mengunjungi setiap rumah peserta JKN-KIS binaannya agar peserta JKN-KIS mendapatkan informasi dan edukasi mengenai seputar Program JKN-KIS, dapat menyampaikan pengaduan yang nantinya akan diteruskan ke BPJS Kesehatan hingga taat membayar iuran. Kini, memasuki tahun pelayanan dan kepuasan peserta, komitmen tersebut terus dijaga oleh Kader JKN di wilayah Jakarta Pusat untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta.

Melalui Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat Linda Novalianti, dirinya mengatakan bahwa tahun 2020 merupakan tahun ketiga Program Kader JKN hadir mendukung implementasi Program JKN-KIS yang diharapkan pada tahun ini tetap memberikan peningkatan terhadap kolektabilitas iuran JKN-KIS bagi segmen peserta informal atau Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

“Hari ini kami mengumpulkan Kader JKN aktif yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta Pusat untuk memberikan informasi terkini seputar Program JKN-KIS, mulai dari penyesuaian iuran JKN-KIS, inovasi-inovasi BPJS Kesehatan, hingga Payment Point Online Bank (PPOB). Setiap pertemuan yang dilakukan tentunya menjadi bahan evaluasi serta peningkatan kompetensi dari setiap Kader JKN untuk nantinya dapat berbagi ilmu tersebut kepada peserta binaan serta masyarakat lainnya,” tambah Linda.

Dirinya menambahkan bahwa para Kader JKN wajib mengerti tentang informasi terbaru yang dihadirkan oleh Program JKN-KIS. Apalagi kini sudah terdapat banyak inovasi terbaru yang dihadirkan oleh Program JKN-KIS yang terintegrasi ke dalam aplikasi Mobile JKN. Dengan begitu, para Kader JKN harus memahami inovasi tersebut sehingga dapat memberikan pemahaman kepada para peserta binaannya.

Dini merupakan salah satu Kader JKN yang hadir pada kegitan tersebut dan bertugas di Wilayah Kecamatan Johar Baru yang telah bergabung sejak 2017 lalu. Dengan adanya penyesuaian iuran yang telah berlaku sejak 1 Januari 2020, tak membuat semangat dan komitmen Dini untuk melaksanakan fungsi Kader JKN menjadi menurun. Ia menyebut bahwa dengan adanya penyesuaian iuran dan hadirnya berbagai macam inovasi terbaru membuatnya semakin tertantang dan akan terus memberikan kontribusinya terhadap pelaksanaan Program JKN-KIS.

“Tidak terasa sudah 3 tahun menjadi bagian dari BPJS Kesehatan. Banyak pengalaman dan banyak informasi yang sudah didapatkan. Pastinya awal tahun menjadi semangat baru bagi saya terlebih dengan penyesuaian iuran yang telah berlaku menjadi tugas saya juga untuk memberitahukan informasi ini kepada seluruh masyarakat dan menjadi pengingat agar selalu membayarkan iuran JKN secara tepat waktu,” tambah Dini saat ditemui (13/01).

Dini pun berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan bagi peserta JKN-KIS dengan siap menjadi perpanjangan tangan BPJS Kesehatan dalam memenuhi kebutuhan peserta. (EM/rr)