14 Jan 2020
  |  
Dilihat : 56 kali

Dukung Program JKN - KIS, Kemenag Bangka Belitung dan BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama

Pangkalpinang, Jamkesnews - Sesuai Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2018 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Republik Indonesia, pemangku kepentingan di berbagai wilayah semakin banyak yang berkomitmen untuk mewujudkan perlindungan jaminan kesehatan. Bertempat di ruang Kepala Kanwil Kemenag Babel, BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bangka Belitung (13/01). Kerja sama ini berisi tentang penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi jemaah haji, jemaah umrah, dan petugas haji.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang, Angga Firdauzie dalam sambutannya menjelaskan, tujuan kerja sama ini merupakan salah satu upaya bersama dalam mendukung kepesertaan JKN-KIS untuk mencapai cakupan semesta atau UHC (Universal Health Coverage) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sekarang di kisaran 80,57 persen bisa menuju 95 persen.


"Melindungi calon jemaah haji sebelum keberangkatan dan sesudah kepulangan dari tanah suci Mekkah, memberikan rasa nyaman ketika jemaah haji meninggalkan keluarga di tanah air karena ada jaminan kesehatan serta ingin menumbuhkan rasa gotong-royong dari program strategis nasional pemerintah dalam bidang kesehatan," ungkap Angga.

Dikatakannya, kerja sama ini juga sebagai wujud kepedulian dan komitmen bersama dalam memastikan Program Jaminan Kesehatan Nasional dapat terimplementasikan dengan baik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Harapannya implementasi dari kerja sama ini dapat memperluas cakupan kepesertaan dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan sehingga semakin banyak masyarakat yang terlindungi oleh Program JKN-KIS yang di canangkan oleh pemerintah," harap Angga.

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi agar program ini tersampaikan dengan baik.

"Nanti kita akan berkoordinasi dengan pihak Kemenag, kami juga akan mensosialisasikan Program JKN-KIS saat manasik haji. Bila pun ada jemaah haji belum terdaftar maka kami akan memfasilitasi secara khusus yang tentunya memudahkan pendaftaran menjadi peserta JKN-KIS," terangnya seraya mengatakan kerja sama seperti ini juga sudah berjalan di sejumlah provinsi lainnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kakanwil Kemenag Babel), Muhammad Ridwan mengatakan kerja sama ini dalam rangka menindaklanjuti kebijakan Kementerian Agama Pusat terkait dengan implementasi JKN-KIS jemaah haji.

"Tentunya kita sangat mendukung Program JKN-KIS. Alhamdulillah tadi sudah disepakati dan ditandatangani. Ini juga untuk memperkuat komitmen kepada jemaah haji yang akan berangkat sehingga terlindungi kesehatannya oleh BPJS Kesehatan," ujar Ridwan setelah acara penandatanganan kerjasama.


Ia berharap, melalui kerja sama ini akan semakin memberikan jaminan kesehatan bagi jemaah haji dan pemerintah memberikan pelayanan lebih baik lagi.

"Harapannya program JKN-KIS dapat  tersosialisasikan dengan baik oleh pihak BPJS Kesehatan terutama saat manasik haji dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada para jemaah haji mengenai hal ini," ujar Ridwan. (RW/sa)