03 Des 2019
  |  
Dilihat : 6738 kali

Rayakan HKN ke-55, BPJS Kesehatan Gencarkan Dukungan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Selong, Jamkesnews – Dalam mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya memang tidak bisa lepas dari kerja sama dan dukungan berbagai pihak. Baik itu dari sektor kesehatan, pihak swasta, maupun bidang usaha atau organisasi kemasyarakatan lainnya. Komitmen antara pihak tersebut harus terjalin erat untuk mewujudkan adanya perilaku sehat, lingkungan sehat, penurunan stunting dan gizi buruk, serta keterjangkauan akses pelayanan dan jaminan kesehatan bagi seluruh masyakarat. Hal itulah yang menjadi latar belakang terlaksananya peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Kabupaten Lombok Timur tahun 2019 ini.

Serangkaian acara pun telah berlangsung sejak 12 November lalu, dan salah satu event besarnya dilaksanakan pada Selasa (03/12) yang bertepatan dengan peringatan hari AIDS sedunia. Perayaan HKN ke-55 kali ini mengangkat tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”. Seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur dalam sambutannya saat membuka kegiatan senam dan jalan sehat bersama seluruh instansi kesehatan dan pihak swasta di Lombok Timur.

“Generasi sehat, Indonesia Unggul dengan penekanan pada sumber daya manusia yang unggul untuk mengisi 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Selanjutnya fokus utama bidang kesehatan pada hari ini adalah gerakan hidup masyarakat untuk mengubah perilaku, pelayanan kesehatan yang berkualitas, dan terkait pembiayaan kesehatan yang terjangkau,” ungkap H. Mahallil Ulil Amri selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Lombok Timur.

“Kegiatan senam dan jalan sehat yang kita lakukan hari ini merupakan rangkaian acara HKN ke-55 yang dirangkai juga dengan peringatan hari HIV/AIDS sedunia. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menginspirasi masyarakat akan pentingnya berolahraga demi membangun kabupaten Lombok Timur yang lebih sehat,” tambahnya.

Pemilihan tema tersebut dimaknai sebagai upaya seluruh pemangku kebijakan dalam menunjukkan kesiapan di bidang kesehatan untuk terlibat aktif dalam pembangunan yang menitikberatkan pada aspek Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini karena diyakini dengan terbentuknya SDM yang sehat akan berdampak membawa keunggulan bagi bangsa.

Ada pun pada kegiatan itu, hadir pula Kepala BPJS Kesehatan Cabang Selong beserta jajarannya. Made Sukmayanti selaku Kepala Cabang mendukung pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional tingkat Kabupaten Lombok Timur ini.

“Dalam peringatan HKN ke-55 tahun ini, BPJS Kesehatan memberikan dukungan penuh pada serangkaian acara yang telah dilaksanakan. Khususnya pada kegiatan senam dan jalan sehat, Hal ini merupakan salah satu langkah promotif dan preventif yang ada pada program JKN-KIS untuk menginisiasi masyarakat dalam menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS),” ujar Made Sukmayanti. (ay/hf)