02 Des 2019
  |  
Dilihat : 22 kali

Booth Pelayanan BPJS Kesehatan di KORPRI Expo 2019 Laris Manis

Tigaraksa, Jamkesnews – Dalam rangka memperingati HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang ke-49, BPJS Kesehatan turut berpartisipasi dalam salah satu rangkaian acaranya, yaitu KORPRI Expo Pelayanan Publik 2019 yang diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang, Jumat (29/11). Sebagai salah satu penyedia layanan publik, BPJS Kesehatan membuka booth untuk pelayanan administrasi kepesertaan baik bagi peserta JKN-KIS maupun calon peserta JKN-KIS.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa Farhan Ferdiansyah mengatakan bahwa dengan hadirnya booth pelayanan dalam kegiatan tersebut, Farhan sekaligus menyampaikan informasi yang mungkin belum diketahui oleh banyak peserta. Melalui booth pelayanan tersebut, pihaknya akan melayani semua keperluan pengunjung sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta.

“BPJS Kesehatan memiliki banyak kanal pendaftaran peserta serta pemberian informasi dan penyampaian pengaduan. Salah satunya melalui kegiatan pameran seperti ini. Kami menyadari bahwa tidak semua peserta atau calon peserta JKN-KIS dapat mengunjungi kantor cabang terdekat untuk mendapatkan pelayanan administrasi kepesertaan sehingga dengan adanya kegiatan seperti ini calon peserta atau peserta JKN-KIS tersebut dapat terlayani sesuai dengan kebutuhannya,” ucap Farhan.

Lebih lanjut Farhan menjelaskan pelayanan yang diterima oleh calon peserta atau peserta JKN-KIS di booth ini, antara lain pendaftaran peserta baru, perubahan data, cetak kartu, serta pemberian informasi dan penanganan pengaduan. Farhan menginformasikan beberapa pelayanan ini sebenarnya dapat pula dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat digunakan pada smartphone calon peserta atau peserta JKN-KIS. Selain itu, Care Center BPJS Kesehatan 1 500 400 juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pelayanan administrasi kepesertaan.

Dari pantauan Jamkesnews, tak sedikit masyarakat yang berkunjung ke booth BPJS Kesehatan. Tidak hanya anggota KORPRI, tetapi masyarakat umum pun tidak ingin menyia-nyiakan kesempatannya untuk mendapatkan pelayanan dari petugas BPJS Kesehatan yang sigap dan prima dalam melayani. Salah satu yang merasakan manfaat kehadiran booth BPJS Kesehatan di KORPRI Expo Pelayanan Publik 2019 adalah Juniati.

“Kehadiran booth BPJS Kesehatan di sini sangat membantu sekali. Saya baru saja melakukan update data kependudukan di booth Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Setelah saya melakukan update nama, saya bisa langsung update juga nama saya di data kepesertaan JKN-KIS. Seperti pelayanan satu atap ya. Harapan saya semoga kedepannya ada mall pelayanan publik seperti di tempat lain,” ujar Juniati.

Juniati juga sudah mengunduh aplikasi Mobile JKN setelah diinformasikan oleh petugas BPJS Kesehatan. Ia mengaku sangat antusias menggunakan aplikasi tersebut karena berdasarkan informasi yang ia dapatkan, ia dapat melakukan perubahan data, cek tagihan, dan permintaan informasi dan pengaduan melalui aplikasi tersebut. Ia pun berharap BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi yang memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS. (RD/po)