07 Nov 2019
  |  
Dilihat : 35 kali

BPJS Kesehatan Buka Loket Layanan JKN-KIS di Kantor Desa

Nagan Raya, Jamkesnews – Sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas kepada peserta, BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh membuka loket pendaftaran bagi masyarakat yang berada jauh dari Kantor BPJS Kesehatan dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dikarenakan adanya hambatan waktu dan transportasi.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh Muhammad Novar Nasution menjelaskan bahwa Program JKN-KIS memberikan manfaat untuk bagi perlindungan kesehatan pesertanya mengingat biaya pengobatan yang saat ini begitu mahal.

“Kali ini BPJS Kesehatan mendekat ke desa dengan membuka loket pelayanan selama dua hari di Kantor Desa Keude Seumot dan Desa Pulo Raga. Loket pelayanan ini dapat memberikan pelayanan sama seperti di Kantor BPJS Kesehatan, misalnya pendaftaran baru, pencetakan kartu, perubahan data dan penanganan pengaduan,” jelas Novar.

Lebih lanjut Novar menjelaskan, selain melayanani pendaftaran peserta, counter pelayanan atau loket ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat Program JKN-KIS dan bagaimana memperoleh pelayanan kesehatan sehingga meningkatkan pemahaman masyarakat.

“Warga sangat antusias, terutama di Desa Pulo Raga. Dari data kami, kunjungan warga yang dapat dilayani mencapai 134 jiwa,” tambah Novar.

Sementara itu, Kepala Desa Pulo Raga Abdullah memberikan apresiasi atas pelayanan yang diberikan kepada warganya dan menurutnya pelayanan ini sangat bagus. Hal ini sangat baik menurutnya karena BPJS Kesehatan lebih dekat dengan warga, kartu bisa langsung dicetak dan didapatkan.

"Saya berharap waktunya bisa lebih lama lagi dan kalau bisa dapat datang minimal sekali lagi, karna masih banyak warga yang belum mendapatkan kartu. Masyarakat merasa sangat terbantu terutama di daerah-daerah yang jauh dari Kantor BPJS Kesehatan,” ungkap Abdullah.

Kegiatan serupa direncanakan akan dilaksanakan di Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya pada tanggal 11-13 November 2019 mendatang. (hf/bb)