12 Sep 2019
  |  
Dilihat : 301 kali

Sekarang FKTP Jadi Lebih Mudah Ajukan Klaim Melalui e-Claim Primer

Banda Aceh, Jamkesnews - Setelah sebelumnya BPJS Kesehatan menerapkan sistem e-Claim untuk pengajuan klaim oleh Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL), saat ini BPJS Kesehatan kembali mengembangkan penerapan e-Claim untuk mempermudah pengajuan klaim oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau yang disebut dengan e-Claim Primer.

Aplikasi ini merupakan digitalisasi klaim non kapitasi merupakan proses perekaman data klaim secara elektronik yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pengajuan klaim non kapitasi oleh FKTP yang dapat digunakan sebagai dokumentasi data pelayanan peserta secara digital.

“Tentunya pihak FKTP sudah familiar dengan P-Care yang selama ini telah digunakan, untuk saat ini BPJS Kesehatan telah mengembangkan fitur e-Claim pada aplikasi P-Care tersebut dengan manfaat yang diperoleh bagi FKTP baik itu Puskesmas, klinik pratama maupun dokter praktik perorangan adalah untuk memudahkan pengajuan klaim, meminimalisir berkas klaim, meningkatkan kepastian pembayaran klaim oleh FKTP. Selain itu, FKTP memiliki catatan riwayat pelayanan Peserta secara digital,” ungkap Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Zahlina dalam acara sosialisasi implementasi e-Claim Primer kepada kepala dan penanggung jawab FKTP se-Kota Banda Aceh, Rabu (11/09).

Ia menambahkan, dalam penerapan sistem e-Claim Primer butuh dukungan dan komitmen bersama agar sistem ini berjalan dengan baik, seperti dari sisi pelayanan adalah tak lain untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada peserta JKN-KIS.

"Sedangkan untuk sisi sarana dan administrasi, ia mengharapkan FKTP dapat menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang pelayanan kepada peserta JKN-KIS, menjaga dan meningkatkan ketertiban dalam melakukan entry pelayanan secara realtime dan menjaga validitas dan kualitas entry pelayanan peserta JKN-KIS," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Warqah Helmi mengharapkan kerja sama FKTP agar dapat tertib dalam mengajukan klaim non kapitasi secara berkala dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

“Dengan adanya sistem otomasi seperti ini melalui digitalisasi pengajuan klaim diharapkan kepada FKTP untuk tertib dalam pengajuan klaim artinya harus selalu update dalam pengajuan klaim non kapitasi secara berkala dan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan,” harapnya. (hf/rq)