11 Sep 2019
  |  
Dilihat : 20 kali

Pemkot Jaksel Siap Bantu BPJS Kesehatan Awasi PRB

Jakarta Selatan, Jamkesnews – Dalam rangka memantapkan sinergi dan meningkatkan dukungan dari para pemangku kepentingan terhadap pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan mengadakan kegiatan forum kemitraan dengan para pemangku kepentingan dan perwakilan mitra di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan, Rabu (10/09).

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan Unting Patri Wicaksono Pribadi mengatakan jika kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat koordinasi antara BPJS Kesehatan dengan mitranya. Diharapkan, dukungan dari mitra terus ditingkatkan untuk menjamin kualitas dan kuantitas Program JKN-KIS.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para pemangku kepentingan di Jakarta Selatan beserta para mitra baik itu mitra fasilitas kesehatan (faskes) maupun non fasilitas kesehatan yang telah membantu menyukseskan Program JKN-KIS ini. Tentunya tanpa dukungan dari mereka maka sulit rasanya Program JKN-KIS bisa berjalan dengan baik,” ujar Unting.

Unting juga menyampaikan, pada pertemuan ini selain mengevaluasi pelaksanaan Program JKN-KIS di Jakarta Selatan juga untuk memastikan optimalisasi Program Rujuk Balik (PRB) yang tengah gencar digalakkan. Menurut Unting, PRB merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mempercepat proses pengambilan obat bagi peserta JKN-KIS yang masuk pada kategori penyakit yang ada di dalam skema PRB.

“Tujuan dari PRB ini sebenarnya untuk memudahkan para peserta yang terkena penyakit tertentu, dimana proses pengambilan obat bulanan tidak perlu harus ke rumah sakit tapi bisa dilakukan di Faskes tingkat pertama yang ditunjuk. Sayangnya, implementasi PRB ini masih kurang sehingga masih perlu ditingkatkan lagi,” kata Unting.

Sementara itu, Asisten Kesejahteraan Masyarakat (Askesra) Pemerintah Kota Jakarta Selatan Makmur. mengatakan jika pihaknya selalu berkomitmen untuk membantu menyukseskan Program JKN-KIS, terutama PRB. Menurutnya, Pemkot siap membantu memastikan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) mengoptimalkan pelaksanaan PRB.

“Pada prinsipnya, Pemkot Jakarta Selatan akan selalu siap mendukung langkah BPJS Kesehatan dalam menyukseskan Program PRB ini. Karena itu, kami dan BPJS Kesehatan akan bersama-sama mengoptimalkan implementasi PRB di setiap rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ujar Makmur.(sw)