11 Sep 2019
  |  
Dilihat : 23 kali

BPJS Kesehatan Ajak Kader PKK Kota Surakarta Edukasikan JKN-KIS ke Warga

Surakarta, Jamkesnews – Bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Surakarta, BPJS Kesehatan Cabang Surakarta melaksanakan sosialisasi Program JKN-KIS Kepada pengurus dan Kader PKK Kota Surakarta, Rabu (11/09). Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Sri Winarni menjelaskan, masyarakat Kota Surakarta harus mempunyai jaminan kesehatan untuk dirinya dan anggota keluarga.

“Sesuai Peraturan Walikota Surakarta Nomor 18 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan Daerah Bagi Orang Tidak Mampu, masyarakat Kota Surakarta yang tidak mampu dan berdomisili di Kota Surakarta minimal lima tahun berturut-turut dapat didaftarkan menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang sumber anggarannya dari APBD Kota Surakarta,” jelasnya.

Dia mengatakan, teknis dalam pelaksanaan pendaftaran peserta PBI dari APBD Kota Surakarta melalui lurah setempat dengan membuat permohonan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta.

“Anggota keluarga baru atau bayi baru lahir dari keluarga yang sebelumnya sudah menjadi peserta PBI APBD Kota dapat menjadi peserta PBI APBD dengan menyerahkan beberapa syarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku kepada lurah untuk disampaikan kepada Dinas Kesehatan Kota Surakarta,” katanya.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Surakarta Erna Diyah Ekowati mengatakan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018, seluruh masyarakat Indonesia wajib ikut serta dalam Program JKN-KIS. Untuk itu, diharapkan Kader PKK dapat membantu mewujudkan hal tersebut.

“Kota Surakarta merupakan salah satu kota yang sudah mencapai Universal Health Coverage (UHC) yang saat ini capaian kepesertaan per Agustus 2019 mencapai 97,41 persen dan itu pasti akan selalu bertambah. Kader PKK merupakan pemandu jalan bagi keluarga yang diharapkan dapat menyampaikan manfaat terutama terkait Program JKN-KIS kepada keluarga dan warga masyarakat di lingkungannya,” tambahnya.

Demi meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan mengembangkan kanal pendaftaran dan pengaduan peserta. Peserta JKN-KIS tidak perlu lagi ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk melakukan pendaftaran dan pengaduan, tetapi dapat mengakses website BPJS Kesehatan, plikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500400. (ma/fs)