11 Sep 2019
  |  
Dilihat : 22 kali

Obat Kronis Kini Bisa Diperoleh di Ruang Farmasi Puskesmas

Kebumen, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Kebumen dan Puskesmas Kabupaten Kebumen melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang pelayanan obat Program Rujuk Balik (PRB), Selasa (10/09). Perjanjian Kerja Sama ini merupakan kesepakatan guna memudahkan peserta PRB dalam memperoleh pelayanan obat. Sebelum ada kerja sama ini, peserta PRB di wilayah Kabupaten Kebumen hanya bisa mengambil obat di Apotik Luk Ulo Kebumen.

"Melalui kerja sama dengan instalasi farmasi Puskesmas, kini pengambilan obat kronis dapat diambil di 15 Puskesmas kerja sama. Hal ini dikarenakan 15 Puskesmas tersebut yang mempunyai tenaga apoteker. Untuk Puskesmas yang belum memiliki tenaga apoteker yakni sebayak 20 Puskesmas, untuk pelayanan obat PRB dapat menginduk di Puskesmas terdekat sesuai mapping yang telah disusun bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen Wahyu Giyanto.

Ia menyampaikan berbagai inovasi dibuat untuk meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS, karena memang prioritas BPJS Kesehatan adalah peningkatan pelayanan terkait Program JKN-KIS. Dengan adanya kerja sama dengan ruang farmasi di Puskesmas Kabupaten Kebumen ini, peserta PRB Kabupaten Kebumen dapat dengan mudah untuk mengakses obat dan ketersediaan obat dapat dipenuhi.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen Rini. Pihaknya sangat mengapresiasi atas usaha-usaha berbagai inovasi BPJS Kesehatan yang sudah mempermudah layanan JKN-KIS khususnya pada peserta PRB.

“Adanya kerja sama ini diharapkan dapat mempermudah layanan obat peserta PRB Puskesmas dan Puskesmas yang belum mempunyai apoteker diharapkan segera dapat segera merekrut tenaga apoteker sehingga dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam melayani peserta PRB. Diharapkan dukungan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam kesuksesan PRB berupa layanan obat penyakit kronis bisa diimplementasikan paling tidak di seluruh Puskesmas melalui instalasi farmasi Puskesmas," kata Rini.(ma/rf)