11 Sep 2019
  |  
Dilihat : 68 kali

Pastikan Peserta Terlayani dengan Baik, BPJS Kesehatan Lakukan Cutomer Feedback

Biak Numfor, Jamkesnews, Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), BPJS Kesehatan Kantor Cabang Biak Numfor melakukan umpan balik peserta atau Cutomer Feedback kepada peserta JKN-KIS yang sedang mendapatkan Pelayanan Kesehatan  di  RSUD Biak, Selasa (10/09).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Biak Numfor, Nur Hidayat mengatakan,kegiatan customer feedback merupakan salah satu upaya untuk memastikan bahwa peserta JKN-KIS terlayani dengan baik, baik pada saat mendapatkan pelayanan di Kantor Cabang maupun pada saat mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan yakni di Rumah Sakit. Khsusus untuk rumah sakit, mekanisme kegiatan customer feedbackdilakukan bersamaan dengan kegiatan customer visite kepada peserta yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit baik itu perawatan rawat jalan maupun rawat inap.

“Customer feedback ini semacam survei yang dilakukan secara mandiri oleh BPJS Kesehatan. Hasilnya ini  akan menjadi umpan balik baik untuk Kantor Cabang maupun rumah sakit untuk dilakukan perbaikan apabila ada kekurangan atau apabila adanya keluhan yang disampaikan oleh peserta untuk dapat segera ditindak lanjuti. Selain customer feedback, kami juga melakukan customer visite terhadap pasien rawat inap di RSUD Biak. Pada saat dilakukan customer visite, petugas BPJS Kesehatan juga sekaligus memberikan informasi langsung ke peserta JKN-KIS tentang informasi seputar pelayanan BPJS Kesehatan,”jelas Hidayat.

Hidayat menambahkan, pelaksanaan kegiatan customer feedback ini sendiri dilakukan oleh Petugas Informasi dan Pengaduan Peserta (PIPP) BPJS Kesehatan dengan didampingi oleh petugas SIPP RS dari masing-masing Rumah Sakit mitra BPJS Kesehatan dan akan dilaksanakan selama bulan september 2019 dan secara periodik akan disampaikan umpan balik pada bulan Oktober 2019.

Sementara itu, ditemui secara terpisah, Katrin G.Kayoi, Kepala Seksi Rawat Inap RSUD Biak mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan customer feedback yang di lakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor tersebut. Ia berharap hasil dari kegiatan customer feedback ini dapat memberikan masukan bagi pihak rumah sakit untuk terus melakukan upaya-upaya peningkatan layanan terhadap peserta JKN-KIS.

“Menurut saya kegiatan customer feedback yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor ini sangat bagus karena akan menjadi penyeimbang dalam memberikan penilaian yang nantinya dapat dipergunakan untuk upaya perbaikan dan menjadi pemicu kami untuk memaksimalkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS dan pasien lainnya,” ujar Katrin. (TR/as)