06 Sep 2019
  |  
Dilihat : 57 kali

BPJS Kesehatan BOJONEGORO SOSIALISASI IMPLEMENTASI E-CLAIM PRIMER

Bojonegoro, JAMKESNEWS – BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro melakukan sosialisasi tentang implementasi e-claim primer yang dihadiri oleh seluruh FKTP wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Tuban. Sebanyak 89 perwakilan dari FKTP wilayah Kabupaten Bojonegoro dan 78 perwakilan dari FKTP wilayah Kabupaten Tuban hadir dalam kegiatan tersebut, Senin (09/09). Digitalisasi klaim non kapitasi atau yang selanjutnya disebut e-claim primer merupakan proses perekaman data klaim secara elektronik yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pengajuan klaim non kapitasi oleh FKTP yang dapat digunakan sebagai dokumentasi data pelayanan Peserta secara digital. 

Dengan e-claim primer diharapkan akan ada ketertiban FKTP untuk menagihkan klaim non kapitasi secara periodik dan lengkap (setiap bulan terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan pada bulan sebelumnya). Selain itu juga untuk mengantisipasi adanya keluhan berkas pengajuan klaim yang banyak dan masih adanya temuan auditor yang berulang sehingga berdampak pada BPJS Kesehatan dan FKTP tentunya.

“Manfaat yang diperoleh dari implementasi e-claim primer ini sendiri bagi peserta dan FKTP adalah untuk memudahkan pengajuan klaim, meminimalisir berkas klaim, meningkatkan kepastian pembayaran kliam oleh FKTP, FKTP memiliki catatan riwayat pelayanan peserta secara digital, dan bagi peserta dia akan memperoleh kontinuitas dalam pelayanan kesehatan” ujar Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Kantor Cabang Bojonegoro Johan Riawan.

Dalam sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Bambang Pri Utomo yang sekaligus sebagai mitra dokter keluarga Kantor Cabang Bojonegoro menuturkan untuk seluruh FKTP khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Tuban agar dapat kompak mensukseskan implementasi e-claim ini. "Dengan adanya e-claim, berkas-berkas klaim yang semula menumpuk dapat diminimalisir dan realtime bahkan untuk kepastian pembayaran dari klaim tersebut," ujar Bambang

Selain untuk peserta dan FKTP manfaat dari implementasi e-claim primer ini juga didapat untuk BPJS Kesehatan, manfaatnya yaitu mempercepat proses verifikasi, memastikan pembayaran pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien serta dapat meningkatkan akuntabilitas pelayanan dan penjaminan.

Alur dari pengajuan klaim ini sendiri adalah pertama – tama Petugas administrasi mencetak SPP yang sudah di tanda tangani oleh Peserta atau keluarga, kemudian melakukan entry data pelayanan dan tagihan serta mencetak FKPP dan mengajukan FPK ke BPJS Kesehatan. SPP dicetak dan ditandatangani oleh Peserta setelah mendapat Pelayanan bukansebelum pelayanan.

Dibutuhkan komitmen yang kuat antara BPJS Kesehatan dengan pihak FKTP dalam mensukseskan implementasi e-claim ini. Dimana dari sisi pelayanan harus dapat memberikan pelayanan berkualitas kepada Peserta JKN. Dan dari sisi sarana administrasi harus dapat menyediakan jaringan komunikasi data sesuai spesifikasi serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang pelayanan kepada Peserta JKN, menjaga dan meningkatkan ketertiban dalam melakukan entri pelayanan secara realtime dan menjaga validitas dan kualitas entri pelayanan Peserta JKN. (ar/wr)