14 Agt 2019
  |  
Dilihat : 226 kali

Di Karnaval HUT RI ke 74, Ada Maskot Mobile JKN Dari BPJS Kesehatan Merauke

Merauke, Jamkesnews – Demi mempermudah masyarakat dalam mengurus pelayanan administrasi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Merauke terus menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat tentang kemudahan mengakses Mobile JKN beserta fitur-fiturnya. Dalam memperoleh informasi melalui aplikasi Mobile JKN diantaranya terdapat proses pendaftaran, penyampaian hak dan kewajiban peserta, penjaminan fasilitas kesehatan, pemberian pelayanan kesehatan, serta hak kelas rawat inap di rumah sakit, dan manfaat pelayanan kesehatan yang dijamin oleh BPJS Kesehatan yang dapat diperoleh peserta.

Pada kesempatan itu juga bertepatan menjelang HUT Kemerdekaan RI yang ke 74, Selasa (13/08) dijadwalkan dalam pelaksanaan karnaval yang diikuti ratusan peserta dari berbagai komunitas, dinas yang ada di Kabupaten Merauke demi memeriahkan serangkaian atraksi pada kegiatan tersebut.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke Erfan Chandra Nugraha mengatakan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini karena bukan hanya sekolah, namun sejumlah organisasi masyarakat, etnis, dan partisipasi dari berbagai instansi pun ikut serta dalam kegiatan ini. 

“Kami dari BPJS Kesehatan Cabang Merauke pun terlibat dalam kegiatan ini guna untuk pemberian informasi langsung kepada peserta JKN-KIS dengan menghadirkan maskot aplikasi Mobile JKN di karnaval tersebut. Jadi peserta yang melihat maskot itu, akan kami arahakan mengunduh aplikasi Mobile JKN guna untuk mempermudah proses pendaftaran, mengecek tagihan untuk peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan mengarahkan masyarakat untuk mengikuti Program JKN-KIS,”ujar Erfan.

Bersamaan dengan itu juga pegawai BPJS Kesehatan yang mengikuti kegiatan tersebut mengedukasi salah satu peserta yang hadir pada kegiatan itu untuk mengikuti Program JKN-KIS.

Hamsah yang ditemui di sela-sela kegiatan karnaval menyampaikan sangat terbantu dengan telah diunduhnya aplikasi Mobile JKN langsung diacara karnaval ini di ponselnya.

“Saya ingin merubah fasilitas kesehatan yang menurut saya cocok dengan penanganan pengobatannya, sehingga bisa menjadi kepuasan tersendiri bagi saya. Namun saya belum sempat ke kantor BPJS Kesehatan untuk merubah fasilitas kesehatan tersebut. Beruntung saya baru mengunduh aplikasi Mobile JKN pada handphone saya sehingga tidak perlu mengantri di kantor untuk hal tersebut. Terima kasih karena sudah menjelaskan tentang kemudahan dalam mengunduh aplikasi Mobile JKN. Dengan ini pasti saya akan merasa terbantu,”tutup Hamsah. (TR/ds)