13 Agt 2019
  |  
Dilihat : 14 kali

BPJS Kesehatan Update Informasi Vedika ke Rumah Sakit

Malang, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Malang kembali melaksanakan sosialisasi Verifikasi Digital Klaim (Vedika) kepada seluruh rumah sakit yang kerjasama bertempat di Karangploso Kabupaten Malang, Selasa (13/08).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka efektivitas dan optimalisasi proses verifikasi klaim atas pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Saat ini, BPJS Kesehatan telah menerapkan sistem Vedika sejak tahun 2017, dimana hal ini berbeda dengan proses pengajuan dan verifikasi klaim yang dahulu pernah dilaksanakan.

Sarana dan prasarana telah dipersiapkan sejak lama oleh pihak BPJS Kesehatan untuk kebutuhan pelaksanaan Vedika dan juga sosialisasi internal juga telah dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada Verifikator atas perubahan  proses verifikasi. Namun dengan me-refresh kembali terkait Vedika ini maka dapat dilakukan pembahasan tentang permasalahan yang terjadi di lapangan maupun kendala yang dihadapi BPJS Kesehatan dan rumah sakit.

Sistem Vedika menggunakan aplikasi Vclaim yang digunakan oleh rumah sakit untuk penerbitan SEP, penagihan klaim serta proses approval dan legalisasi oleh rumah sakit. Untuk di kantor cabang BPJS Kesehatan menggunakan aplikasi VIDI untuk verifikasi klaim yang diajukan oleh rumah sakit.

Dalam paparannya, Dwi Trisna Zainal selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang mengungkapkan bahwa rumah sakit sebagai fasilitas kesehatan agar selalu melakukan kendali mutu pelayanan dan membantu memperlancar proses verifikasi klaim dengan self audit.

 “Klaim yang diajukan oleh rumah sakit ke BPJS Kesehatan harap di verifikasi terlebih dahulu oleh internal rumah sakit,’’ucap Dwi.

“Harapannya dengan dilaksanakan proses Vedika ini dapat meningkatkan kepuasan fasilitas kesehatan kepada BPJS Kesehatan dengan percepatan proses pengajuan berkas klaim dan verifikasi yang juga bertujuan membangun hubungan profesional berdasarkan trust dan fairness terhadap fasilitas kesehatan itu sendiri”, pungkasnya.

Dalam pertemuan tersebut tak lupa Dwi juga mengingatkan rumah sakit agar segera melakukan proses klaim melalui electronic claim (e-claim). M. Ridwan selaku perwakilan RS. Karsa Husada Batu mengungkapkan bahwa rumah sakitnya akan segera menerapkan e-claim. "Sekitar bulan September kami akan e-claim,’’ tutur Ridwan.(ar/ep)