13 Agt 2019
  |  
Dilihat : 540 kali

Bank Sulut Go Dukung Program JKN-KIS Melalui SCF

Manado – Jamkesnews, Bank Sulut Go ikut serta mendukung program pembiayaan bagi fasilitas kesehatan yang telah bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Direktur Pemasaran Bank Sulut Go Machmud Turuis dalam diskusinya menyambut baik pelaksanaan program Supply Chain Financing (SCF). “Pembiayaan ini nantinya akan mempercepat pembayaran kepada fasilitas kesehatan, sehingga dapat memperlancar cash flow keuangan fasilitas kesehatan”, ungkap Machmud.Selasa (13/8)

Program SCF ini secara teknis merupakan program pembiayaan oleh pihak bank kepada fasilitas kesehatan terutama rumah sakit yang pembayaran klaimnya belum dibayarkan oleh BPJS Kesehatan melaui verifikasi dan persetujuan dari pihak BPJS Kesehatan sehingga dapat menunjang kegiatan operasional fasilitas kesehatan dalam hal ini rumah sakit.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 19 tahun 2016 Pasal 38, BPJS Kesehatan berkewajiban membayar tagihan fasilitas kesehatan tingkat lanjutan maksimal N+ 15 hari kerja sejak dokumen klaim diterima lengkap.

 “Sebagai bentuk dukungan Bank Sulut Go menyukseskan program pemerintah dalam hal ini program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan, maka kami melakukan kerjasama untuk pembiayaan bagi fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS Kesehatan”, tutur Machmud.

Pada kesempatan tesebut, Deputi Direksi Wilayah Sulutenggomalut Anurman Huda mengapresiasi atas dukungan Bank Sulut Go yang telah memberikan dukungan langsung pada program JKN-KIS. “Saya berterima kasih sekaligus mengapresiasi atas dukungan Bank sulut Go untuk melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam hal pembiayaan bagi fasilitas kesehatan yang telah bermitra dengan kami”. ucap Anurman.

“Kami juga memahami bahwa operasional fasilitas kesehatan tidak akan likuid  jika cashflownya tidak lancar, sehingga dengan adanya program SCF ini dapat menjadi solusi alternatif untuk memperlancar operasional," tutur Anurman.

Menurut Machmud langkah awal yang akan dilakukan oleh Bank Sulut Go adalah melaksanakan sosialisasi program SCF kepada rumah sakit daerah yang telah menjadi nasabah Bank Sulut Go dan telah bermitra dengan BPJS Kesehatan, sehingga memperoleh pemahaman yang sama.

Harapan kami kiranya dengan adanya kerjasama antara Bank Sulut Go dan BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan yang telah mendapatkan pembiayaan lebih meningkatkan pelayanannya kepada peserta JKN-KIS.(rs/tm)