13 Agt 2019
  |  
Dilihat : 22 kali

BPJS Kesehatan Jember Komitmen Tingkatkan Penuhi Standar Pelayanan Bagi Difabel

Jember, Jamkesnews – Memberikan pelayanan kepada masyarakat menjadi hal yang prioritas bagi BPJS Kesehatan. Tidak terkecuali kepada masyarakat dari kalangan penyandang disabilitas atau difabel. Hal tersebut dapat dilihat dari tersedianya akses bagi difabel di gedung-gedung kantor BPJS Kesehatan di berbagai daerah. Termasuk di kantor BPJS Kesehatan Cabang Jember.

Terkait hal itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember Antokalina Sari Verdiana mengatakan, penyediaan akses kepada difabel dalam standar pelayanannya tidak hanya menjadi hal prioritas namun harus juga dilaksanakan dalam memberikan pelayanan. Pasalnya, hal tersebut tidak hanya tertuang dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan Undang-Undang (UU) serta peraturan turunannya. Namun, juga tertuang dalam Peraturan Direksi Nomor 69 Tahun 2018 tentang Pedoman Pelayanan bagi Peserta Jaminan Kesehatan.

Anto, sapaan akrab Antokalina, menerangkan bahwa peraturan tersebut mengatur tentang pedoman pelayanan bagi peserta jaminan kesehatan. Termasuk di dalamnya standar pelayanan bagi difabel.

"Jadi kami memiliki standar pelayanan kepada masyarakat atau peserta jaminan kesehatan. Khususnya kepada peserta yang difabel. Semuanya diatur di dalam peraturan direksi tersebut," kata Anto, Jember, Senin (13/8)

Berangkat dari peraturan tersebut, Anto menuturkan bahwa gedung Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jember yang berdiri di Jalan Riau, Kecamatan Sumbersari, Jember memiliki hampir semua akses atau fasilitas yang mempermudah difabel. 

Di antaranya yakni bidang miring bagi pengguna kursi roda, guiding block atau jalur pemandu bagi tunanetra, ruang laktasi bagi ibu menyusui, dan kursi khusus difabel, orang lansia, dan ibu hamil.

"Tidak hanya itu, petugas kami, khususnya petugas security juga telah dibekali pedoman melayani peserta difabel yang datang ke kantor BPJS Kesehatan. Dan mereka siap melayani," tuturnya.

Anto juga menambahkan, pihaknya akan terus berupaya untuk memenuhi hak-hak peserta jaminan kesehatan dari kalangan difabel. Agar dapat mengakses pelayanan BPJS Kesehatan dengan mudah dan setara dengan peserta jaminan kesehatan pada umumnya.

"Pada prinsipnya kami berupaya memenuhi standar pelayanan bagi peserta JKN-KIS dan masyarakat umum lainnya," imbuhnya.

Fasilitas dan juga pelayanan kepada kelompok difabel ini disambut hangat oleh Antok Purwanto salah satu peserta JKN-KIS yang sedang berkunjung di Kantor BPJS Kesehatan Jember, Senin (12/08).

“Kebetulan saya mau mengurus alih status kepesertaan, dan disambut pelayanan yang baik oleh rekan-rekan security di sini. Kami merasa sangat terbantu dan memudahkan kami dalam mendapat pelayanan publik disini,” ujar Antok

Berkat pemenuhan fasilitas bagi kelompok prioritas ini BPJS Kesehatan Jember juga memperoleh piagam penghargaan sebagai instansi pelayanan publik pertama di Kabupaten Jember yang telah memberikan kemudahan akses pelayanan bagi disabilitas di Kabupaten Jember pada akhir tahun 2018 silam oleh Bupati Jember.