16 Jul 2019
  |  
Dilihat : 76986 kali

DUKUNG JKN-KIS, BAZNAS DOMPU Adakan Kerja Sama Kembali Dengan BPJS Kesehatan

Bima, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Bima kembali menjalin kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dompu dalam Pendaftaran peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Kolektif pada Senin (15/07) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) BPJS Kesehatan ke 51.

Adapun perjanjian kerjasama ini untuk mengoptimalkan dana Zakat Infaq dan Sadaqoh untuk disalurkan sesuai ketentuan dan tepat sasaran serta bermanfaat. Kerjasama ini merupakan perpanjangan kerjasama tahun lalu dimana jumlah peserta yang didaftarkan sebanyak 100 jiwa setahun untuk iuran sebesar Rp 25.500 per jiwa dengan hak rawat inap di Kelas III.

“Perpanjangan perjanjian kerjasama ini menjadi wujud upaya kami dalam memberikan jaminan kesehatan bagi warga miskin, sekaligus bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah terutama program JKN-KIS. Kami melihat program ini sangat banyak manfaatnya, terutama dalam menjamin pelayanan kesehatan bagi warga miskin. Karena itu, kami akan mendaftarkan kembali warga kami yang jumlahnya sebanyak 100 jiwa menjadi peserta JKN-KIS,” jelas Wakil Ketua Bidang Sosial Keagamaan Baznas Kabupaten Dompu H. Abdul Hamid.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima K. Hindro Kusumo mengapresiasi langkah Baznas Kabupaten Dompu untuk kembali bekerja sama dalam mendukung program JKN-KIS. Kabupaten Dompu merupakan salah satu daerah yang sudah menjadi Universal Health Coverage (UHC) dengan 98,26% penduduknya sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

“Bentuk kerjasama yang terjalin antara BPJS Kesehatan dan Baznas Kabupaten Dompu yang bersifat crowdfunding (donasi) ini, bertujuan agar dana Zakat Infaq dan Sadaqoh yang dikumpulkan dan dikelola oleh Baznas dapat disalurkan untuk pendaftaran masyarakat tidak mampu, dan menjadi bentuk kepedulian masyarakat untuk saling membantu dan bergotong royong dalam penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS),” uajr Hindro.

Untuk wilayah Dompu sendiri, masih terdapat sekitar tiga ribu penduduk yang belum terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, sehingga diharapkan bantuan agar warga bisa memperoleh jaminan kesehatan. Bantuan tesebut bisa disalurkan melalui Baznas, perorangan maupun perusahaan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR). (ay/ad)