15 Jul 2019
  |  
Dilihat : 33030 kali

BPJS Kesehatan Pasuruan Gelar Aksi Spesial Di Hari Spesial

Pasuruan, Jamkesnews - Dalam rangka memeriahkan HUT BPJS Kesehatan ke-51 tahun yang jatuh di hari ini, Senin (15/07), segenap Duta BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan menggelar aksi donor darah di Unit Transfusi Darah PMI Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian BPJS Kesehatan kepada masyarakat sebagaimana mendukung ketersediaan kantong darah di Pasuruan dan sekitar. Ditemui dalam kesempatan berbeda, Kepala Cabang Pasuruan, Indrina Darmayanti menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap kegiatan ini.

“Kegiatan yang begitu baik karena amat bermanfaat. Tentu lebih spesial karena kita lakuan di hari spesial. Terima kasih untuk temen-temen Cabang Pasuruan yang telah tulus hati menyumbangkan darahnya. Semoga kegiatan ini menginspirasi banyak orang sehingga lebih banyak lagi mereka yang jadi penyumbang,” ungkap Deena.

Ia menambahkan jika kegiatan seperti ini layaknya filosofi gotong royong BPJS Kesehatan. Menurutnya, banyak dampak yang dihasilkan dari kegiatan semacam ini lantaran orang sehat membantu orang yang sakit.

“Kita tahu gotong royong adalah bagian dari program JKN-KIS yang sedang berjalan. Hal itu juga selaras dengan kegiatan donor darah yang kita lakukan dimana orang sehat membantu yang sedang membutuhkan. Tentu semua itu wujud komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan manfaat ke semua orang,” imbuhnya.

Sementara itu, ditemui seusai penanganan donor darah, Lucky Alliv selaku Kepala Bagian Uji Serasi Crossmath Darah UTD PMI Kota Pasuruan mengatakan jika ada beberapa kriteria untuk seseorang layak mendonorkan darahnya.

“Tentu yang pertama harus sehat secara jasmani maupun rohani. Si pendonor paling tidak berusia 17 hingga 60 tahun. Berat badannya juga tak kurang dari 45 kilogram. Untuk suhu tubuh berkisar 36,6 hingga 37,5 derajat Celcius. Yang tak kalah penting tekanan darah harus stabil dan denyut nadi juga teratur. Denyut nadi yang teratur berkisar 50 hingga 100 kali per menit. Terakhir ada persyaratan Hemoglobin yang setiap jenis kelamin punya batas minim sendiri. Untuk perempuan sekitar 12 gram, sedangkan laki-laki sekitar 12,5 gram,” terangnya.

Lebih lanjut, Lucky turut menjelaskan manfaat dari aktivitas donor darah. “Selain punya manfaat bagi si penerima donor, manfaat lain juga bisa dirasakan diri sendiri. Dengan kita mendonor, kita sudah menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, mencegah kelebihan zat besi, serta bisa meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh. Kalau kita rutin mendonor, manfaat tadi akan lebih terasa lagi,” pungkasnya.

Selain mengisi dengan kegiatan donor darah, BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan juga memeriahkan HUT dengan berbagai perlombaan. Ada 4 perlombaan yang disiapkan dalam hari yang spesial ini, antara lain balap kelereng, makan kerupuk, estafet kain, serta estafet air. Suasana begitu pecah dirasakan para Duta BPJS Kesehatan saat bertindak sebagai peserta lomba. Dari semua kegiatan yang sudah dijalani, diharapkan mampu membentuk solidaritas tim dan semangat baru demi menyongsong perjalanan baru di usia yang baru. (ar/vn)